Jenis-Jenis Mesin Kasir di Indonesia

Jenis-Jenis Mesin Kasir di Indonesia

Pada zaman sekarang ini untuk mendukung kegiatan bisnis tidak bisa terlepas dari bantuan teknologi. Teknologi dapat memfasilitasi berbagai kegiatan, terutama transaksi keuangan. Dimana, biasanya rentan salah jika dilakukan secara manual.

Dengan alasan itulah saat ini banyak kegiatan usaha yang menggunakan mesin kasir dengan berbagai fitur untuk membantu transaksi keuangannya. Apalagi saat ini telah ada mesin kasir android yang penggunaannya sangat mudah.

Jenis-Jenis Mesin Kasir di Indonesia

Kenyamanan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan mesin kasir android ini adalah bentuknya layar sentuh, adanya pemindai, dan printer thermal. Mesin android ini tersedia di berbagai toko online dengan berbagai harga,

Selain mesin kasir android, sebenarnya ada beberapa jenis mesin kasir di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mesin Kasir Manual


Dalam sejarah mesin kasir manual adalah mesin pertama dan tertua. Pembuatnya adalah James Ritty dan John Birch pada tahun 1865. Setelah itu, kasir manual model baru diciptakan oleh Ritty Model I pada tahun 1879.

Dalam penggunaannya, kasir diharuskan memberikan input manual dalam setiap transaksi dalam register, dan tidak ada kuitansi. Dimana, ketika tombol total ditekan, laci yang berisi uang terbuka bersama dengan suara bel berbunyi.

Tanda bel tersebut bertanda bahwa sedang terjadi transaksi keuangan. Sampai sekarang, jenis mesin ini masih ada yang menggunakannya.

2. Mesin Kasir Elektronik


Pada tahun 1906, Charles Franklin Kettering menciptakan jenis mesin baru yang disebut mesin kasir elektronik. Mesin ini menggunakan arus listrik sebagai sumber energinya.

Perbedaan antara mesin kasir manual dan elektronik adalah mesin kasir elektronik mampu mengeluarkan catatan transaksi atau tanda terima sebagai bukti pembayaran, dan adanya kemampuan untuk menyimpan data stok barang.

Perangkat kasir elektronik digunakan dalam banyak kegiatan perdagangan sehingga dapat ditemukan di mana saja.Dan, pada beberapa tempat dilengkapi pemindai barcode untuk membantu kecepatan layanan.

3. PC Desktop / Komputer Kasir


Kasir Desktop PC adalah jenis komputer kasir yang dibuat oleh IBM pada awal 1970. Setiap terminal dalam PC komputer kasir akan terhubung ke komponen utama komputer. Dimana, tujuannya adalah untuk menyinkronkan data.

Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan mesin kasir jenis ini. Dimana pada pemakainya akan terdiri dari komputer, laci kas, dan pemindai barcode.

4. Mesin Kasir Android/Apple POS Tablet


Mesin kasir android adalah perpaduan antara kekuatan aplikasi kasir dengan fleksibilitas tablet. Kasir Android menggunakan server dan tenaga penjualan yang dapat melakukan pemesanan, harga periksa, dan proses proses dari mana saja.

Kelebihan dari mesin kasir Android ini adalah dapat meningkatkan kecepatan transaksi dalam melayani para pelanggan. Sehingga kasir lebih cepat dalam melakukan transaksi perdagangan.

Mesin kasir android ini juga dapat digunakan untuk melakukan reservasi, manajemen investasi, mengumpulkan data pelanggan, dan lain-lain. Dengan kata lain, mesin kasir android ini memiliki keuntungan dalam transaksi dan pelaporan pemrosesan data.

Mesin kasir android ini dapat diinstal dalam sistem operasi Android dan Apple. Dalam satu paket, mesin kasir android ini memiliki tambahan cash register dan printer bluetooth.

5. Self-Ordering Kiosk System


Self-Ordering Kiosk System adalah Jenis mesin kasir yang mana Anda memberikan kesempatan bagi pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran sendiri.

Keuntungan dari mesin kasir ini adalah Anda dapat mengurangi panjang antrian di toko Anda sehingga ruangan di toko Anda tidak akan penuh dengan orang-orang yang berdesak-desakan, dimana customer melakukan pemesanan secara mandiri.

Jenis mesin kasir ini biasanya digunakan di tempat bisnis yang memang memiliki skala perusahaan yang cukup besar yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan transaksi secara mandiri.

6. Mesin Kasir Portable dari GoBiz


Perangkat kasir portable dari GoBiz ini bisa dibilang merupakan inovasi baru dengan jenis yang paling banyak digunakan di berbagai tempat, termasuk pusat perbelanjaan.

Dengan harga yang relatif lebih terjangkau, mesin kasir portable dari Gobiz ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah adanya sistem keamanan dalam bertransaksi sehingga transaksi menjadi efektif dan akurat.

Dalam penggunaannya Gobiz Cashier telah dilengkapi dengan aplikasi Gobiz yang dapat mengoperasikan banyak layanan dan fitur hanya dalam satu tangan. Bahkan, Anda juga dapat mengoperasikannya menggunakan smartphone Android Anda.

Hal ini tentu berbeda dengan mesin kasir jenis lain yang tidak mungkin bisa dibawa kemana-mana. Selain itu dari segi biaya yang dikeluarkan juga lebih murah dari pada mesin kasir tipe lain.

Anda dapat mengunduh aplikasi Gobiz secara gratis dari Google Play Store untuk pemilik ponsel Android sementara satu perangkat multifungsi dari Gobiz hanya seharga RP899 ribu.

Berbeda dengan kasir Android yang termasuk dalam kategori kasir konvensional, harganya dapat dalam kisaran RP2-3 juta. Adapun mesin EDC, bisa sekitar RP. 2 juta, laci tunai Rp. 500 ribu, dan printer Bluetooth untuk RP. 500 ribu.

Jadi dapat diperkirakan bahwa Anda membutuhkan biaya RP. 5 juta untuk satu set kasir konvensional yang digunakan secara umum. Jika dihitung, perkiraan biaya untuk membeli kasir bekas atau sewa masih membutuhkan biaya yang mahal.

Memilih jenis kasir Android yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan perdagangan Anda adalah penting untuk dicatat. Karena, Anda dapat menghemat biaya untuk biaya pembelian satu set kasir.