Teks Biografi Adalah: Ciri-ciri dan Struktur

Teks Biografi Adalah: Ciri-ciri dan Struktur

Teks biografi adalah jenis teks yang dewasa ini sedang banyak diperbincangkan dan dicari-cari oleh banyak orang. Biasanya, pembaca akan mencari teks biografi dari tokoh yang dikaguminya atau tokoh yang sedang naik daun atas berbagai prestasi yang diraihnya.

Dengan membaca dan memahami biografi seseorang, pembaca dapat lebih termotivasi dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta menemukan solusi dan inspirasi dalam berbagai kesulitan.

Apakah Anda ingin tahu atau justru ingin membuat teks biografi? Ketahui lebih lanjut mengenai struktur teks biografi dan ciri-cirinya dalam penjelasan berikut ini.

Apa itu Teks Biografi?


Teks Biografi Adalah: Ciri-ciri dan Struktur

Pengertian teks biografi adalah teks yang menceritakan tentang kisah seseorang menjalani hidupnya dan menginspirasi orang lain.

Teks biografi biasanya ditulis oleh orang lain untuk dapat dibaca oleh khalayak umum dan diambil pelajaran berharga darinya.

Ciri-ciri Teks Biografi


Teks biografi memiliki beberapa ciri menonjol yang membedakannya dengan jenis teks yang lain.

Salah satu ciri teks biografi adalah mengandung fakta yang nyata dan berdasar dari perjalanan hidup tokoh di dalam teks.

Kemudian, seperti pengertian teks biografi itu sendiri, teks biografi akan menceritakan peristiwa penting dalam kehidupan tokoh tertentu sehingga akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi orang-orang yang membacanya.

Struktur Teks Biografi


Bahan pendukung dalam pembuatan teks biografi adalah struktur yang membangun cerita dari teks biografi. Struktur tersebut dibagi menjadi tiga bagian.

Struktur pada teks biografi juga berfungsi sebagai pola penyajian teks biografi supaya dapat memberikan isi cerita yang lebih menarik dan teratur.

Berikut ini merupakan tiga struktur teks biografi yang wajib diketahui jika Anda ingin menulis jenis teks tersebut.
 

Bagian Orientasi


Pada struktur teks biografi bagian orientasi berisi pengenalan tokoh. Pada bagian orientasi atau awalan ini, penulis dapat memberikan informasi dasar mengenai tokoh yang akan ditulis biografinya.

Biasanya informasi dasar yang disebutkan pada bagian orientasi adalah nama tokoh, latar belakang tokoh dan keluarganya, riwayat pendidikan tokoh, dan lain sebagainya yang ditulis secara naratif.

Bagian Peristiwa dan Masalah


Setelah dibuka dengan orientasi, teks biografi kemudian diikuti dengan bagian peristiwa dan masalah. Pada bagian ini, penulis akan menceritakan tentang apa saja yang telah dilakukan sang tokoh di dalam hidupnya.

Kisah yang ditulis bisa berupa kronologi sebuah peristiwa atau konflik yang pernah dialami oleh sang tokoh dan bagaimana tokoh tersebut menyelesaikan permasalahan dengan solusinya.

Bagian ini menjadi bagian yang sangat penting dan akan menginspirasi banyak orang serta wadah bagi para pembaca untuk dapat memetik pelajaran berharga dari kehidupan seorang tokoh.

Bagian Reorientasi


Struktur teks biografi yang terakhir adalah bagian reorientasi. Meski begitu, bagian ini dikatakan boleh ditiadakan bergantung dengan gaya penulisan masing-masing.

Bagian reorientasi berisi tentang opini penulis mengenai tokoh yang diceritakan dan kesimpulan atas keseluruhan isi cerita dari kehidupan tokoh biografi.

Selain teks biografi, terdapat banyak sekali informasi yang dapat diketahui melalui Pijar Belajar.

Pijar Belajar adalah sebuah layanan dari PT. Telkom Indonesia dalam bidang edukasi digital sebagai branding ulang dari IndiHome Study.

Visi dan misi yang diusung oleh Pijar Belajar adalah membantu pemerataan pendidikan dan mencerdaskan bangsa Indonesia.

Terdapat banyak sekali pilihan layanan yang dapat diperoleh dari Pijar Belajar, di antaranya yaitu buku sekolah elektronik, soal latihan ujian, soal latihan belajar, dan video pembahasan berbagai pelajaran.

Sekian informasi mengenai ciri, struktur dan pengertian teks biografi serta di mana Anda dapat mempelajarinya lebih jauh. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami teks biografi lebih baik.