Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Makanan penyebab bau mulut bisa menjadi faktor utama yang harus dihindari ketika Anda ingin mengatasi bau mulut. Sebab, bau mulut merupakan kondisi yang membuat kurang nyaman saat berdekatan dengan orang lain.

Selain itu, bau mulut membuatmu tidak percaya diri saat harus bertemu dengan banyak orang. Oleh karena itu, bau mulut perlu segera diatasi sedini mungkin. Salah satunya dengan menghindari hal yang menyebabkan bau mulut.

Apa Arti Bau Mulut?


Bau mulut disebut juga sebagai halitosis. Artinya, kondisi ketika mulut mengeluarkan bau tidak sedap yang mengganggu orang lain di sekitar Anda. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan karena berdampak anxiety dan rasa tidak nyaman.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab dan cara menghilangkan bau mulut agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila telah mengalami kondisi berat, Anda juga dianjurkan untuk melakukan konsultasi dokter.

Daftar Penyebab Bau Mulut


Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Penyebab bau mulut bisa berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Namun, ada juga penyebab lain yang perlu Anda hindari agar bau mulut tidak pernah terjadi. Berikut ini daftar penyebab bau mulut tersebut.

1. Makanan


Anda perlu waspada sebab ada makanan penyebab bau mulut. Umumnya makanan ini memiliki bau yang menyengat dan kuat. Sehingga produk pembersih mulut tidak mampu menghilangkan bau dari makanan secara sempurna.

Beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut, yaitu bawang bombay, bawang putih, keju, rempah-rempah tertentu, jus jeruk, soda, dan alkohol.

2. Kondisi Mulut


Beberapa kondisi mulut ini bisa menyebabkan bau mulut. Seperti kebersihan mulut yang tidak dijaga, mulut kering, infeksi dalam mulut, penyakit gusi, radang amandel, dan konsumsi obat yang menyebabkan mulut kering.

3. Penyakit Terkait


Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya juga terkait dengan penyakit. Mulai dari refluks asam, VLCD atau crash dieting, diabetes, sinusitis kronis, alergi, pneumonia dan bronkitis, hingga masalah pada hati atau ginjal.

Penyakit terkait tersebut secara tidak langsung mempengaruhi kondisi udara yang dikeluarkan saat bernafas. Sebab terdapat zat dalam pembuluh darah yang masuk ke paru-paru secara konsisten. Namun bisa dibantu oleh penghilang bau mulut.

4. Produk Tembakau


Produk tembakau juga bisa menyebabkan bau mulut. Misal, tembakau kunyah, tembakau hisap, tembakau tempel, rokok elektrik, atau tembakau lain yang dipanaskan. Selain itu, merokok juga termasuk aktivitas yang membuat bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cepat


Cara menghilangkan nafas bau perlu dilakukan agar dampak dari bau mulut tidak semakin meluas. Anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pengobatan dan perawatan secara medis.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk pembersih mulut dengan kandungan bahan antiseptik. Sehingga bakteri atau kuman yang ada dalam mulut bisa segera hilang selamanya.

Setelah bau mulut hilang, Anda juga bisa mencegah bau mulut agar tidak datang kembali. Berikut ini cara yang bisa lakukan untuk mencegah bau mulut.

  1. Menyikat gigi dengan benar secara rutin, baik setelah makan maupun sebelum tidur.
  2. Melakukan kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.
  3. Tidak mengkonsumsi alkohol atau produk tembakau.
  4. Memperbanyak minum air putih.
  5. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur.
  6. Mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut.
  7. Membersihkan mulut secara rutin dengan cara berkumur dan lainnya.

Bau mulut membuatmu tidak percaya diri tetapi masalah tersebut bisa diatasi dengan penanganan tepat.