5 Prosesor Smartphone Tangguh untuk Gamers

5 Prosesor Smartphone Tangguh untuk Gamers

Memiliki hobi bermain game terutama mobile game membutuhkan perangkat yang memadai. Berbagai portal berita digital seperti AshefaNews menyediakan berbagai topik termasuk teknologi untuk membantu Anda mencari informasi seperti prosesor smartphone untuk gamers.

Perkembangan teknologi semakin meningkatkan performa setiap perangkat untuk memenuhi kebutuhan Anda seperti bermain game. Prosesor pada smartphone sangat mempengaruhi kinerja saat digunakan untuk bermain game.

Macam-macam Prosesor Smartphone Tangguh untuk Gamers


Macam-macam Prosesor Smartphone Tangguh untuk Gamers

Cukup banyak macam-macam prosesor smartphone yang beredar di pasaran dengan kriteria dan kinerja yang berbeda-beda.

Prosesor seperti Intel pada komputer merupakan prosesor andalan dengan kinerja mumpuni. Namun smartphone yang menggunakan prosesor Intel masih sedikit dan cukup awam untuk digunakan bermain game.

Prosesor seperti Snapdragon, Mediatek, hingga Kirin menjadi primadona untuk smartphone gamers. Berikut ini urutan prosesor smartphone yang tangguh dan memberikan kinerja terbaik untuk digunakan para gamers.

1. Snapdragon


Jika komputer atau laptop memiliki Intel yang menjadi prosesor andalan, Smartphone memiliki prosesor Snapdragon yang sama canggihnya.

Pada awal tahun 2017, smartphone dengan prosesor snapdragon 835 menjadi smartphone gaming mahal yang banyak dicari. Kini, snapdragon meluncurkan lebih banyak jenis prosesor baru yang lebih tangguh seperti Snapdragon 8 Plus Gen 2.

2. MediaTek Dimensity


MediaTek juga merupakan perusahaan yang membuat prosesor pada smartphone untuk gaming seperti prosesor Dimensity 9200 dan Dimensity 9000 Plus.

Dimensity 9000 Plus adalah keluaran terbaru yang memiliki 8 core dan terbagi dalam 2 klaster utama, serta penggunaan GPU Mali-G710 yang mampu menjalankan game dengan mulus.

3. Exynos 2200


Urutan prosesor smartphone tangguh lainnya jatuh kepada Exynos 2200 yang merupakan keluaran Samsung. Exynos 2200 memiliki 8 core yang terbagi menjadi 3 kluster dengan kecepatan 2,8 MHZ, 2520 MHz, dan 1820 MHz.

Keunggulan lainnya dari Exynos 2200 adalah mampu meningkatkan efisiensi baterai sehingga baterai lebih awet dan dapat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

4. Google Tensor G2


Prosesor smartphone keluaran Google, yakni Tensor G2 hadir menjadi salah satu pesaing tangguh di kelasnya. Dengan dukungan Extreme Ultraviolet Lithography (EUVL) dapat mengurangi konsumsi daya hingga 50% dan meningkatkan performa hingga 30%.

5. Kirin 9000


Prosesor smartphone gaming selanjutnya adalah Kirin 9000 yang merupakan keluaran Huawei. Dilengkapi dengan 8 core yang terbagi menjadi 3 kluster, Kirin 9000 tergolong prosesor terbaik dengan performa mulus dan memuaskan untuk bermain game.

6. Apple A16 Bionic


Bagi pengguna Iphone, prosesor terbaru untuk gaming ada pada Iphone 14 Pro, yaitu Apple A16 Bionic yang dilengkapi dengan 15,8 miliar transistor dan menggunakan proses fabrikasi 4 nm, mampu memberikan kinerja dan performa terbaik saat bermain game.

Portal Berita Teknologi AshefaNews


Setiap tahun, perusahaan prosesor smartphone akan terus mengembangkan teknologi dan mengeluarkan produk terbaru agar semakin canggih dan dapat memuaskan untuk para gamers. Informasi terbaru akan selalu diupdate oleh berbagai portal berita seperti AshefaNews.

Portal berita digital memudahkan Anda mendapatkan informasi secara up to date, seperti macam-macam prosesor smartphone, pilihan smartphone terbaik untuk berbagai kebutuhan, aplikasi terbaru hingga berbagai tips seputar teknologi.

Jangan lewatkan perkembangan teknologi terkini maupun topik berita lainnya yang terjadi di Indonesia maupun mancanegara melalui portal berita digital AshefaNews.