4 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik

4 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik

Kehadiran covid-19 di tahun 2020 lalu banyak memberikan efek di setiap penjuru kehidupan. Salah satunya adalah cara belajar yang mewajibkan untuk belajar online. Berikut adalah 4 rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar online.

4 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online

4 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online

Teknologi yang semakin maju, berpengaruh pada sektor pendidikan. Pembelajaran yang dulu dilakukan secara face to face sekarang pun dapat dilakukan secara online melalui aplikasi berikut ini:

1. IndiHome Study


Aplikasi belajar online yang pertama adalah IndiHome studi yang merupakan aplikasi digital yang menyuguhkan konten-konten yang berisi tentang pendidikan, buku pelajaran digital, video pembelajaran, dilengkapi dengan soal-soal beserta pembahasannya.

IndiHome study juga dapat membantu para siswa untuk menentukan jurusan di perguruan tinggi. Aplikasi ini dapat diakses dimana pun dan kapan pun kamu memerlukan. Paket IndiHome Study mulai dari harga Rp 30.000 yang dapat digunakan selama 1 bulan.

Paket Rp 30.000 untuk 1 bulan tersebut adalah paket yang ditujukan untuk siswa SD dan SMP, sedangkan untuk siswa SMA dan sederajat harga paket dimulai dari Rp 45.000 untuk 1 bulan hingga Rp 225.000 selama 1 tahun.

Selain itu, IndiHome Study juga memberikan paket materi ujian dari SD-SBMPTN yang dimulai dari harga Rp 25.000 untuk tingkat SD berlaku selama 6 bulan dan untuk tingkat SMA, SBMPTN Rp 50.000 untuk 6 bulan.

2. Udemy


Udemy merupakan media pembelajaran dan juga pengajaran berbasis online dengan jumlah sekitar 180 ribu lebih kursus dan diikuti sekitar 40 juta peserta. Karena Udemy menawarkan berbagai macam kursus secara online.

Lalu berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk mengikuti pembelajaran di Udemy? Rata-rata pembelajaran online di Udemy ini membutuhkan biaya sekitar $25 hingga $200. Namun, jika kamu memiliki kupon, kamu dapat mengikuti pembelajaran secara gratis.

3. Brainly


Brainly merupakan wadah dimana orang-orang saling bertukar pengetahuan. Brainly resmi berdiri dengan digawangi oleh tiga Founder yaitu Thomas Krausz, Lukasz Haluch, dan MichaƂ Borkowski pada September 2009.

Situs ini memiliki beberapa fitur-fitur yang dapat meringankan kamu saat memecahkan soal yang rumit

Bertanya dan Menjawab

Pada halaman ini kamu dapat mengajukan pertanyaan sekaligus menjawab pertanyaan yang sudah ada. Guna memperoleh apa yang kamu cari, kamu dapat memikirkan jawaban kecil pada kolom pencarian untuk mendapatkan pertanyaan sebelumnya.

Namun, jika jawaban yang kamu cari tidak ada, kamu dapat mengajukan pertanyaan dengan memilih opsi “Yuk Tanya” atau kamu juga dapat memilih opsi “Ajukan Pertanyaan.”

Fitur untuk Memfilter Pertanyaan

Pada bagian jawaban, aplikasi ini memfasilitasi sebuah sistem yang berguna untuk memfilter berbagai pertanyaan yang akan muncul. Tak sekadar itu, di sistem tersebut juga ada fitur jenjang pendidikan maupun mata pelajaran.

Fitur Obrolan Langsung di Kolom Pertanyaan

Sangat unik, coba kamu cek menu pertanyaan kembali, lalu kamu juga bisa menemukan berbagai pilihan chat maupun setiap pertanyaan secara langsung untuk bergabung dengan visitor lain.

Tidak jauh beda, dengan menu pertanyaan. Saat ini kamu bisa menemukan chat dan pertanyaan yang sedang diajukan bersama visitor lain, tak hanya itu, kamu juga memiliki akses memberikan jawaban pada pertanyaan langsung.

Buku Sekolah

Sebenarnya fitur buku sekolah merupakan fitur yang paling baru di aplikasi ini. Bentuk dari fitur ini seolah-olah layaknya perpustakaan online. Lalu isi buku yan tersedia sangat beragam mulai bacaan dari strata dasar hingga menengah atas.

Fitur menjawab soal Matematika

Tak sedikit orang yang menganggap matematika itu rumit, tenang saja dengan menggunakan Brainly, maka tak rumit, Fitur penjawab Matematika ini diluncurkan bersama solusi buku sekolah. Fitur ini dapat membantu para siswa untuk memecahkan pertanyaan matematika.

4. Rumah Belajar


Bukan hanya Brainly saja, kamu juga bisa menggunakan rumah belajar. Dalam aplikasi rata-rata penggunanya memang duduk di bangku SMK/SMA. Namun aplikasi ini tidak menutup kesempatan untuk digunakan oleh strata paling kecil yakni Paud.

Keunggulan aplikasi ini adalah bisa belajar dengan nyaman tanpa harus membayar, belajar kapanpun dan dimanapun .Berikut fitur-fitur yang bisa kamu gunakan, antara lain:

Fitur bahan belajar

Saat kamu mencoba memakai ini, maka kamu akan disuguhkan pada berbagai macam materi untuk belajar para murid, juga materi yang dibuat untuk guru. Materi akan dipaparkan secara amat sistematis juga lengkap dengan visual yang indah dan unik.

Kelas Maya

Kelas maya ini berfungsi untuk memberikan wadah proses pembelajaran secara daring atau biasa masyarakat sebut sebagai belajar tanpa mengharuskan face to face baik guru atau siswa. Fitur dalam kelas maya juga memberikan materi yang bisa dipelajari oleh siswa dalam materi digital.

Bank Soal

Dalam Bank Soal berisi sekumpulan soal-soal maupun materi yang digunakan untuk memberikan evaluasi siswa yang sudah dibagi-bagi sesuai kelompok atas dasar topik saja. Dalam Bank Soal juga terdapat berbagai jenis soal, latihan, tugas, ujian maupun ulangan

Laboratorium Maya

Ada manfaat yang bisa diambil dari fitur ini, manfaat tersebut antara lain yakni memberikan pelatihan praktikum laboratorium. Dalam fitur ini tampil secara menarik bersama lembaran tugas yang sudah dikerjakan.

Demikian 4 rekomendasi aplikasi pembelajaran online terbaik. Keempat aplikasi di atas dapat kamu unduh melalui play store pada smartphonemu atau bisa juga melalui app store.