5+2 Plus-Minus Pay Later, Wajib Baca Sebelum Menggunakannya

5+2 Plus-Minus Pay Later, Wajib Baca Sebelum Menggunakannya

Membayar dengan angsuran memang bukan sebuah cara baru, tapi kehadiran fasilitas kredit online seperti Pay Later tetap sangat membantu pembeli. Apa lagi fasilitas tersebut seringkali tak membutuhkan banyak persyaratan.

Di satu sisi, cara seperti ini sangat memudahkan dalam pembelian. Namun, di sisi lain ternyata ada juga minusnya yang butuh perhatian.

Plus-Minus Pay Later, Wajib Baca Sebelum Menggunakannya

Lantas, apa saja kelebihan PayLater bagi pengguna?
 

Pendaftaran Mudah dan Cepat


Fasilitas kredit online seringkali memberikan syarat yang mudah untuk mengaktifkannya.

Di Traveloka PayLater, kamu hanya perlu install aplikasinya, lalu melakukan verifikasi. Proses verifikasi ini pun hanya membutuhkan KTP dan dan data diri untuk menyelesaikannya.

Tinggal tunggu untuk pengaktifan. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pembelian.
 

Bisa Belanja Kapan Saja


Yang paling menyenangkan dari fitur ini adalah kamu bisa belanja apa saja dan kapan saja di merchant yang menerima metode pembayaran ini.

Karena biaya pembelian akan ditalangi sementara oleh penyedia Pay Later, maka kamu tak perlu menyiapkan uang sebelumnya.

Dengan kata lain, meski dompet sedang menipis, kamu tetap bisa membeli apa yang kamu mau.
 

Limit Cukup Besar


Meski hanya butuh kartu identitas dan data diri, limit yang bisa kamu dapatkan ternyata cukup besar.

Sebagai contoh, di Traveloka PayLater kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp 10 juta di awal. Angka ini cukup besar mengingat kamu tak harus menyediakan jaminan apapun.

Akan tetapi, tentu saja kamu harus punya track record pembelian dan pembayaran yang bagus agar dapat kepercayaan seperti itu.

Cicilan Fleksibel


Selain limit yang cukup besar, hal lain yang banyak orang suka dari Pay Later adalah cicilannya yang fleksibel.

Contohnya saja, di Traveloka PayLater kamu bebas memilih cicilan antara 1 sampai maksimal 12 bulan. Jumlah cicilannya pun sangat ringan, minimal mulai dari Rp 100 ribu saja.

Dengan demikian, kamu lebih mudah mengatur bujet pengeluaran.
 

Banyak Promo dan Cashback


Kelebihan lainnya dari menggunakan kredit online ini adalah adanya fitur promo dan cashback. Jumlahnya pun lumayan banyak, setiap hari ada, meski di merchant yang berbeda-beda.

Ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga spesial atau benefit lainnya ketika menggunakan layanan Pay Later. Daripada metode pembelian yang biasa dan tanpa dapat benefit apa-apa, jelas ini lebih menarik.

Selain dari 5 sisi plus dari Pay Later di atas, kamu juga mesti memahami sisi minusnya. Ini agar kamu dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan optimal dan bukan malah mengakibatkan kerugian.

Setidaknya, ada 2 kekurangan dari Pay Later, di antaranya seperti berikut ini.

Keamanan Data


Syarat dan verifikasinya memang mudah, tapi ada risiko untuk terjadi kebocoran data. Ini menimbulkan risiko adanya orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan data pribadimu.

Maka dari itu, pastikan kamu hanya menggunakan fasilitas Pay Later dari pihak yang sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK. Seperti Traveloka PayLater contohnya.
 

Ketagihan Belanja


Saking mudahnya proses belanja dan checkout dengan fasilitas Pay Later ini bisa membuat kamu ketagihan belanja.

Tidak masalah jika pembayaran kamu lancar. Tapi jika tersendat-sendat, tentu akan membuat track record kredit kamu jelek dan akan sulit bagi penyedia layanan untuk mempercayai kamu.

Jadi, pastikan tetap bijak dalam berbelanja dan mengatur bujet ya.

Kesimpulannya, fasilitas Pay Later sebenarnya sangat memudahkan dan membantu. Jujurly, guna banget. Akan tetapi, selalu bijak dalam mengatur anggaran dan gunakan hanya yang sudah terpercaya agar data kamu tetap aman.