Apa Saja yang Diperlukan untuk Memulai Bisnis Restoran Baru?

Apa Saja yang Diperlukan untuk Memulai Bisnis Restoran Baru?

Ada banyak hal yang diperlukan untuk memulai restoran baru, salah satunya yang sedang hits saat ini yaitu software kasir restoran gratis. Software kasir restoran gratis sebenarnya lebih baik jika dipikirkan setelah berbagai persiapan utamanya selesai dilaksanakan.

Persiapan Bisnis Restoran Baru


Persiapan Bisnis Restoran Baru

Ide mendirikan bisnis restoran merupakan gagasan yang memiliki tingkat resiko cukup tinggi. Apalagi jika tidak mengetahui ilmunya. Bisa-bisa persiapan dan konsep yang sudah dibuat hanya berakhir menjadi wacana semata.

Berikut ini sedikit ilmu untuk persiapan memulai bisnis restoran yang bisa Anda jadikan acuan.
 

1. Target Market


Target market bisa sangat menentukan keberlangsungan masa depan dari restoran yang Anda dirikan. Hasil analisa yang benar dari suatu target market akan memberikan dampak yang baik bagi restoran baru Anda.

Ketepatan analisa ini ibarat intuisi yang akan mengarahkan Anda untuk tindakan selanjutnya yang seharusnya dilakukan. Saat melakukan analisa, tentunya ada data yang dijadikan dasar untuk meyakinkan dirimu tentang langkah selanjutnya yang harus ditempuh.

Beberapa hal yang dapat Anda jadikan guidance ketika menentukan target market yaitu usia calon customer yang akan menjadi target, besarnya rata-rata pendapatan, budaya yang dilakukan dalam kesehariannya, serta hal-hal yang disukai dan dibencinya.

Beberapa hal di atas akan menunjukkan tentang seperti apa target pasar Anda yang sesungguhnya. Melalui data yang diperoleh itulah nantinya Anda bisa menentukan kebijakan yang menyeluruh.

Lalu bandingkanlah data tersebut dengan kompetitor yang berada di sekitar lokasi tersebut. Hal ini akan bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai jalan mana yang sebaiknya Anda gunakan.

2. Konsep Restoran


Konsep atau suatu rancangan untuk restoran baru seharusnya mencakup seluruh aspek yang terdapat di dalamnya. Konsep ini harus benar-benar di rencanakan secara detail, jelas, dan terukur. Beberapa hal yang termasuk di dalam menentukan konsep restoran yaitu

A. Branding


Branding yang harus Anda pikirkan meliputi nama bisnis yang akan dilakukan, logo bisnis, cara penyajian hidangan yang dipesan, packaging untuk makanan yang dibungkus, dan keunikan bisnis yang ingin Anda tunjukkan kepada dunia.

Branding yang Anda ciptakan akan menjadi alat untuk mengkomunikasikan tentang visi misi dari bisnis restoran yang sedang dibangun. Anda boleh saja mengusung visi misi kemanusiaan dalam bisnis tersebut.

Tapi Anda sebaiknya tidak mencampur adukkan antara keduanya. Berilah untuk porsi dana kemanusiaan secara proporsional tanpa mengganggu pos anggaran lainnya. Hal ini harus benar-benar diperhatikan, terutama bagi Anda yang berjiwa sosial tinggi.

Meskipun Anda berjiwa sosial tinggi, tapi Anda harus tetap bisa menempatkan logika dan perasaan secara proporsional. Jika perlu Anda bisa membuat agenda rutin untuk mengkaji ilmu agama maupun ilmu bisnis lainnya bersama dengan tim yang ada.

Memberi asupan yang baik untuk hati dan otak setiap hari adalah cara terbaik untuk menjaga SDM seluruh anggota tim. Dengan terjaganya kualitas SDM maka bisnis restoran yang Anda sedang bangun pun akan secara otomatis terjaga pula.

B. Fasilitas


Fasilitas yang ditawarkan oleh suatu restoran biasanya juga akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Mayoritas restoran hanya menyediakan fasilitas ala kadarnya sebagaimana yang biasa dijumpai di berbagai tempat makan lainnya.

Disinilah Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan memberikan sedikit sentuhan tambahan pada setiap fasilitas yang biasanya ada. Disamping itu, Anda bisa menambahkan fasilitas penunjang lainnya seperti spot foto kekinian yang unik.

C. Perencanaan Keuangan


Anda harus merencanakan keuangan dengan sedetail-detailnya. Sekecil apapun kemungkinan pengeluaran yang akan dilakukan harus masuk didalam perencanaan keuangan tersebut. Perhatikan pula sumber dana, dana cadangan dan dana daruratnya.

D. Strategi Publikasi


Salah satu cabang dari pengeluaran yang akan menghabiskan banyak dana adalah bagian marketing-nya. Pasalnya, kegiatan promosi tidak hanya dilakukan dalam satu kali saja. Pelaksanaan publikasi ini harus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan.

3. Lokasi Restoran dan Jenis Bangunan


Lokasi yang Anda pilih harus berada di tempat strategis yang aman dan nyaman. Keamanan dan kenyamanan harus dinomor satukan, khususnya bagi para pelanggan. Lokasi yang strategis ini memiliki beberapa kriteria.

Kriteria-kriteria yang dimaksud yaitu di lokasi tersebut merupakan tempat lalu lalang banyak orang, mudah dijangkau, terdapat fasilitas umum lainnya disekitar lokasi tersebut, dan pastikan bahwa disana memiliki tingkat kemanan dan kenyamanan yang tinggi.

Sedangkan hal yang perlu diperhatikan tentang bangunan yaitu mengenai jenis bangunan apa yang nantinya akan Anda bangun di sana. Jenis bangunan yang dimaksudkan yaitu pengelompokkan bangunan berdasarkan fungsinya

Beberapa contoh jenis bangunan berdasarkan fungsinya yaitu rumah, mess, apartemen, pasar, dll. Perhatikanlah jenis bangunan apa yang akan Anda dirikan, karena ada daerah yng melarang bagi masyarakatnya yang ingin menggunakan rumahnya sebagai lokasi bisnis.

4. Modal


Orang yang berbisnis tentunya membutuhkan modal. Untuk modal yang disyaratkan pada UU tahun 2007 yaitu bagi para pendiri usaha, setidaknya harus memiliki Lima Puluh Juta Rupiah. Dimana 25% dari jumlah tersebut harus disetorkan.

Persoalan tentang modal inilah yang dulu sering menjadi kendala saat mengurus perizinannya. Tapi semenjak adanya Perpres nomor 29 tahun 2016, perihal modal ini lebih fleksibel karena besaran modal ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.

5. Perizinan


Hal yang tidak kalah penting yaitu mengenai berbagai perizinan yang harus segera diselesaikan. Untuk mengurus perizinan dibutuhkan beberapa dokumen penunjang. Dokumen yang diminta pun ada kemungkinan berbeda.

Setidaknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus berbagai perizinan, baik izin usaha restoran, izin usaha dagang ataupun izin lainnya.

6. Software Kasir Restoran Gratis


Setelah semua hal di atas terpenuhi, Anda juga perlu menyiapkan software kasir restoran gratis. Software kasir restoran gratis sudah banyak tersedia di playstore dan Anda hanya perlu mengunduhnnya secara mandiri.

Contoh software kasir restoran gratis yang bisa Anda gunakan misalnya square POS, Vend, eHopper, Loyverse, Shopkeep, POS floreant, dll. Pilihlah software kasir restoran gratis yang paling sesuai dengan kebutuhan restoran Anda.

Itulah yang harus dipersiapkan ketika Anda akan memulai bisnis restoran baru. Untuk software kasir restoran gratis sebaiknya Anda pikirkan ketika seluruh fasilitas lengkap dan bisnis sudah siap untuk dijalankan.