Ragam Jenis Sekolah Di Indonesia, Pilih Yang Mana?

Ragam Jenis Sekolah Di Indonesia, Pilih Yang Mana?

Wawasandunia.com - Membicarakan pendidikan tentu tak akan ada habisnya, mulai dari kurikulum, metode belajar, biaya, hingga aturan sekolah. Seiring perkembangan, jenis sekolah pun semakin beragam. Pasalnya, ilmu pengetahuan semakin memahami ragam kerja otak manusia yang tidak dapat disamakan satu sama lain.

Sebagai orang tua, Anda pun memahami betul pentingnya pendidikan bagi setiap anak. Meski begitu, memilih institusi pendidikan yang tepat juga tak kalah penting bagi para orang tua. Pemilihan sekolah yang tepat pun diharapkan mampu membantu anak dalam proses belajar. Agar tak salah pilih, mari pahami lebih dahulu beberapa jenis sekolah di Indonesia berikut ini.

Ragam Jenis Sekolah Di Indonesia, Pilih Yang Mana?

Sekolah Nasional


Ini merupakan sekolah yang amat umum dipilih banyak orang tua. Sebagai sekolah nasional, tentu saja kurikulum yang digunakan sesuai aturan pemerintah. Selain itu, karena diatur langsung pemerintah biaya yang ditawarkan pun tergolong lebih terjangkau.

Tentunya, aturan serta nilai-nilai yang diajarkan sekolah ini sepenuhnya menganut nasionalisme dan budaya Indonesia. Soal kualitas, masing-masing sekolah nasional pun memiliki akreditasi sehingga orang tua bisa memastikannya melalui penilaian tersebut.

Madrasah


Jika ingin menanamkan nilai agama yang mendalam bagi anak, tak ada salahnya memilih sekolah madrasah. Sebenarnya jenjang serta kurikulum yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan sekolah nasional, hanya saja madrasah memiliki fokus lebih dalam hal agama.

Hal tersebut juga dikarenakan madrasah ada dibawah naungan langsung kemenag, sehingga menerapkan beberapa aturan yang sedikit berbeda.

Sekolah Alam


Biasanya sekolah alam cocok dipilih bagi anak-anak dengan tipe kinestetik, di mana ia membutuhkan ruang yang lebih leluasa untuk bergerak agar mampu menyerap materi pembelajaran. Sesuai namanya, di sekolah ini anak akan diajak belajar di alam terbuka. Nantinya, anak diharapkan mampu mengeksplorasi dan menemukan caranya sendiri dalam belajar.

Kurikulum yang digunakan tetap sama, hanya dilakukan dengan cara berbeda. Tak jarang, anak-anak di sekolah alam pun akan sering dihadapkan dengan kegiatan praktek. Mulai dari beternak, berolahraga, hingga bercocok tanam adalah beberapa contoh kegiatannya.

Sekolah Asrama


Sekolah satu ini bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang ingin menanamkan kemandirian pada anak. Boarding school, sekolah asrama, atau juga sering disebut pesantren memang tak kalah pamor bagi sebagian orang tua.

Sekolah ini tetap menggunakan kurikulum yang sama, namun diikuti dengan berbagai kegiatan tambahan. Dalam seharian, siswa tentu tak melulu dihadapkan dengan materi akademis namun juga kegiatan lain yang dapat dikembangkan oleh masing-masing anak. Kondisi yang berjauhan dengan orang tua pun memaksa anak agar mampu menghadapi berbagai masalah di kesehariannya.

Sekolah Internasional


Terakhir, sekolah internasional tengah menjadi perbincangan populer dikalangan orang tua. Salah satu faktornya adalah pemahaman pentingnya pendidikan internasional di masa sekarang, di mana segala sesuatu akan berkaitan dengan banyak negara.

Demi kesiapan tersebut, para orang tua pun memilih sekolah internasional. Penamaan tersebut tentu diikuti dengan penggunaan kurikulum sesuai standar internasional, seperti yang diterapkan Sampoerna Academy.

Pembelajaran sendiri menggunakan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) sesuai yang diterapkan di Amerika. Penggunaan bahasa asing di sekolah internasional pun menjadi nilai plus bagi anak di kemudian hari. Tak hanya itu, akademis bukan menjadi satu-satunya fokus di sekolah internasional, melainkan juga pribadi anak. Nantinya, setiap anak diharapkan memiliki pribadi yang mampu bersaing baik di nasional maupun internasional.

Dari kelima jenis sekolah tersebut, mana yang menarik perhatian Anda? Sebelum memilih, cobalah untuk lebih dahulu memahami minat dan karakter anak ya. Jadi, si kecil pun bisa menjalani pendidikan dengan menyenangkan. Semangat memilih sekolah untuk buah hati ya!