Pengertian Shackle dan Macam-Macam Jenisnya

Pengertian Shackle dan Macam-Macam Jenisnya

WawasanDunia.com - Shackle, pernahkan Anda mendengarnya? Apabila kata tersebut diterjemahkan langsung, maka artinya adalah segel. Ternyata shackle merupakan sebuah alat bantu yang biasa digunakan untuk mengangkat barang besar maupun berat, termasuk juga untuk menyambung antara sling dengan objek yang akan diangkat. 

Informasi lainnya yang perlu Anda ketahui misalnya Kenter Shackle adalah alat penyambung rantai jangkar ke rantai jangkar yang lain. Spring shackle adalah anting per, dan shackled adalah terbelenggu jika dalam artian yang sebenarnya, namun artian di sini adalah tersegel. 

Apabila dilihat pada lapangan, pengertian shackle adalah sebuah alat penyambung sling, baik itu wire rope, chain, bahkan webbing yang umumnya digunakan pada berbagai aplikasi lifting, lashing dan towing. Bahkan bisa digunakan untuk menyambungkan rantai pada aplikasi pagar, dapra dan dekorasi juga. 

Pengertian Shackle

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat alat bantu penyambung ini dari bahan steel dan memiliki bentuk U. Kemudian pada bagian ujungnya terdapat lubang yang akan digunakan untuk memasang kunci.

Jenis-jenis Shackle yang Tersedia di Pasaran 


Sama halnya dengan pelengkap alat berat lainnya, shackle memiliki beberapa jenis yang digolongkan dari bahan bakunya, bentuk dan tipenya, serta dibedakan berdasarkan bentuk penguncinya. 

Jenis-jenis Shackle yang Tersedia di Pasaran

Jenis Shackle Berdasarkan Bahan Baku

- JIS type

Biasa disebut juga sebagai shackle galvanis atau dee galvanis. Mild steel adalah bahan bakunya dan untuk jenis yang ini tidak mempunyai nilai breaking load. Jika Anda memilih segel ini, maka jangan digunakan untuk mengangkat barang yang beban berat. Segel ini cocok untuk Anda gunakan dalam lashing, dapra dan pagar

- SWL type

Shackle jenis ini memiliki bahan baku utama carbon steel, atau campuran karbon dan baja. Carbon steel merupakan bahan baku yang terbilang kuat untuk saat ini, dengan nilai load yang cukup. Bisa Anda aplikasikan untuk towing, juga untuk lifting.

Jenis Shackle Berdasarkan Bentuk dan Tipe

- Shackle Dee

Ciri khas dari jenis shackle ini adalah membentuk huruf D dan paling tepat untuk digunakan saat mengangkat barang tersebut dengan menggunakan rantai maupun chain sling. Bentuknya yang menyerupai huruf D, maka rantai pun mampu terpasang erat pada lubang segelnya. Selain itu, dengan bentuk dan ukuran ini akan mengurangi gesekan yang terjadi pada rantai dan segel. Rantai pun jadi lebih aman dan erat saat mengangkat barang.

- Shackle Omega

Jenis yang selanjutnya merupakan segel yang berbentuk seperti sepatu kuda, atau lambang omega. Secara umum biasa digunakan untuk towing dan lifting saja yang memakai wire rope sling. Untuk lubang kaitnya juga dibuat lebih besar, dibandingkan dengan tipe Dee. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan jika wire rope yang digunakan, sebab dibandingkan dengan rantai, wire rope memiliki diameter lebih besar.

Sebanyak dua wire rope sling bisa dipasang dalam satu shackle tipe ini, dan bentuknya yang mirip tapal kuda bisa membuat wire rope sling terpasang dengan kuat, gesekan antara segel dan wire rope sling pun akan diminimalisir.

Jenis Shackle Berdasarkan Bentuk Penguncian

- Screw Pin

Untuk jenis segel yang satu ini, diterapkan dengan bentuk pin menggunakan pemutar sekrup, tanpa pengunci. Cara pengaplikasiannya mudah, hanya dengan mengencangkannya sampai batas ulir saja. Biasa dipakai untuk kebutuhan sementara, sehingga mudah dalam dibongkar pasang.

- Round Pin

Beda dengan yang sebelumnya, jenis segel yang satu ini memiliki bentuk pin yang lengkap dengan pengunci yang ada pada bagian ujungnya. Tidak menggunakan ulir sebagai pengencangnya, dan sama-sama digunakan untuk aplikasi non permanen atau sementara.

- Mur Baut (Bolt and Nut)

Pada segel jenis ini ada pin yang menyerupai baut, dengan pengunci bautnya serta pengunci pin. Shackle tipe penguncian ini merupakan jenis yang paling aman dan umumnya dipakai untuk offshore.

Itulah beberapa jenis shackle yang biasa digunakan oleh industri manufaktur untuk membantu loading barang-barang berat. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai distributor yang jual shackle maka Megajaya.co.id bisa menjadi pilihan.

Distributor yang menyediakan berbagai macam jenis shackle dan berbagai alat berat kontruksi serta industri. Semua produk yang tersedia telah terjamin kualitasnya, dengan tawaran harga yang paling memuaskan untuk semua kalangan.