Daftar Jus Buah untuk Melancarkan BAB

Daftar Jus Buah untuk Melancarkan BAB

Wawasandunia.com - Susah buang air besar bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena kurang mengonsumsi serat. Seperti yang kita ketahui jika serat adalah zat alami yang bisa membantu melancarkan buang air besar, dan biasa terkandung dalam berbagai jenis buah dan sayuran.

Daftar Jus Buah untuk Melancarkan BAB

Buah untuk melancarkan BAB ada banyak sekali, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan selera untuk menghindarkan sembelit dan konstipasi.


Buah bisa dikonsumsi secara langsung, beberapa harus dikupas dulu kulitnya dan beberapa lainnya bisa dikonsumsi langsung dengan kulitnya (yang ternyata kandungan seratnya tinggi juga di kulit buah). Hanya saja, pastikan selalu mencuci buah dengan bersih dan menggunakan air mengalir.


5 Jus Buah untuk Melancarkan BAB

5 Jus Buah untuk Melancarkan BAB

Berikut ini adalah beberapa daftar jus buah untuk melancarkan BAB yang bisa Anda buat sendiri di rumah, selamat mencoba:


1. Jus Pepaya Jeruk Nipis


Ini adalah jus pertama yang bisa membantu untuk melancarkan buang air besar, apalagi untuk yang sulit buang air besar secara teratur. 


Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup dengan menyiapkan seperempat bagian pepaya ukuran sedang, peras setengah bagian jeruk nipis, masukkan es batu dan madu secukupnya. Setelah itu blender sampai halus dan bisa langsung diminum sampai habis. 


Selain bagus untuk melunakkan tinja, juga bagus untuk menambah stamina serta baik untuk diet juga. 


2. Smoothie Pisang 


Buah pisang jika dikonsumsi secara langsung juga bisa memperbaiki kualitas tinja, menjadi lebih mudah untuk buang air besar dan tidak mengalami mulas yang berlebihan. 


Anda bisa membuat jus dari buah pisang, dengan dicampurkan dengan bahan lainnya maka bisa membuat rasanya menjadi jauh lebih lezat. Campurannya bisa buah nanas, buah pear, apel atau aneka buah beri. 


3. Jus Nanas 


Buah nanas terkenal memiliki serat yang tinggi dan cocok untuk diet, sebab membuat perut kenyang lebih lama. Ditambah lagi nanas memiliki rasa manis dan sedikit asam yang membuatnya sangat menyegarkan, apalagi jika disimpan di dalam lemari es terlebih dahulu. 


Anda bisa membuat jus nanas jika ingin melancarkan buang air besar, bisa dicampur dengan pokcoy untuk menambah asupan serat, atau buah apel jika ingin rasanya lebih mengenyangkan lagi. 


4. Jus Apel


Selain buah-buahan yang telah disebutkan di atas, dengan mengonsumsi jus apel pun Anda bisa mendapatkan pengalaman BAB yang lebih baik dan sehat. 


Seperti yang diketahui jika buah apel mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama untuk kebutuhan diet, sehingga tidak akan mudah lapar dan tergoda untuk ngemil.


Supaya bisa mendapatkan manfaat seratnya dengan lebih maksimal, maka buatlah jus apel yang diproses langsung semuanya, tanpa dikupas terlebih dahulu. Anda bisa campurkan dengan strawberry atau dengan madu. 


5. Jus Jeruk


Buah yang satu ini mengandung vitamin C yang banyak sekali, juga salah satu buah untuk melancarkan BAB loh. Cara mengonsumsinya selain dimakan langsung, juga bisa diperas dan dicampur dengan madu, atau buah lain untuk membuat manfaatnya semakin melimpah.


Itulah dia beberapa macam buah untuk melancarkan BAB, Anda bisa menemukannya dengan mudah di sekitar, baik itu di toko buah terdekat, di pasar, supermarket, atau mungkin bahkan sudah menanamnya sendiri di rumah? 


Jangan lupa untuk menjaga pola makan, jangan terlalu banyak makan makanan pedas dan daging merah, sebab keduanya bisa mengeraskan tinja dan menyebabkan susah BAB. Banyak minum air putih dan jangan lupa untuk selalu berolahraga.