5 Langkah Tepat Dalam Memilih Sekolah Internasional

5 Langkah Tepat Dalam Memilih Sekolah Internasional

Saat ini, memilih sekolah internasional sebagai pijakan pendidikan anak bukan lagi hal yang baru. Bahkan, beberapa orang tua pun telah menyekolahkan anaknya di sekolah internasional sejak usia dini.


5 Langkah Tepat Dalam Memilih Sekolah Internasional

Tentu tak ada kata salah dalam memilih jalur pendidikan si kecil, namun orang tua tetap perlu cerdas dalam menentukannya. Pasalnya, keberadaan sekolah internasional sudah semakin banyak dan beragam. Jadi, pastikan Anda tak salah pilih dengan mengikuti 5 langkah berikut:

Pastikan anak menyukai sekolah pilihan


Sebelum melihat aspek lainnya, dalam menentukan sekolah internasional pastikan jika si kecil pun memiliki minat untuk bersekolah di sana. Ya, anak tetap menjadi penentu utama dalam memilih sekolah untuknya. Dengan begitu, anak memiliki kesadaran penuh untuk menjalani pendidikan di sekolah internasional.

Khusus anak usia dini, orang tua bisa lebih dahulu melakukan kelas percobaan. Dengan begitu, orang tua dapat menilai bagaimana respon si kecil saat bersekolah. Jika dirasa cukup menyenangkan, tak ada salahnya untuk memasukan sekolah tersebut ke daftar pilihan.

Memiliki visi dan misi sejalan dengan orang tua


Setiap instansi pendidikan tentu memiliki visi dan misi, begitu pula Anda sebagai orang tua. Selain untuk mengajarkan akademis, masing-masing orang tua tentu memiliki kualifikasi tersendiri mengenai sekolah anak.

Agar dapat beriringan, pastikan bahwa visi dan misi pendidikan sekolah yang dipilih sesuai dengan kriteria Anda. Visi dan misi suatu instansi pendidikan tentu dapat menggambarkan seperti apa kelak metode pembelajaran di sekolah. Jika menurut Anda visi dan misi sekolah tersebut sesuai dengan kriteria, tak ada salahnya untuk mempelajari lebih lanjut.

Mempunyai program belajar terpadu


Selain visi dan misi, masing-masing sekolah tentu memiliki rancangan program belajar. Khusus sekolah internasional, umumnya program belajar sedikit berbeda. Mulai dari kurikulum, keterlibatan teknologi pada proses belajar, hingga adanya kegiatan uji internasional adalah beberapa program yang kerap berlaku.

Jika dirasa si kecil mampu beradaptasi dengan program belajar yang berlaku, maka sekolah tersebut bisa masuk daftar pilihan Anda. Tak ada salahnya pula untuk mempersiapkan anak lebih dahulu, agar nantinya ia bisa beradaptasi dengan proses belajar di sekolah internasional lebih mudah.

Pembelajaran terfokus pada anak


Pada dasarnya, setiap anak memiliki sifat serta minat yang berbeda-beda sehingga cara belajar pun tak bisa disamakan. Untuk itu, cobalah untuk memahami seperti apa pendekatan para pengajar kepada muridnya. Jika Anda mendapati pendekatan yang terfokus pada anak, maka dapat dikatakan sekolah tersebut memiliki kualitas yang baik.

Saat terfokus pada anak, pengajar biasanya lebih mampu menentukan proses belajar seperti apa yang dapat diikuti muridnya. Hal ini tentu menjadi poin penting agar si kecil dapat mengikuti proses belajar yang menyenangkan.

Menyediakan fasilitas dan sarana berkualitas


Terakhir, fasilitas dan sarana sekolah internasional menjadi hal penting yang patut Anda ketahui. Masing-masing sekolah tentu menawarkan sarana serta fasilitas yang berbeda, jadi Anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi anak.

Khusus anak usia dini, sebaiknya pastikan sekolah memiliki area bermain serta alat peraga bermain yang memadai. Sebaliknya, pada sekolah menengah memiliki ruang lab maupun ruang serbaguna rasanya menjadi hal yang wajib dimiliki. Dengan begitu, kegiatan belajar pun akan semakin memadai.

Nah, sudahkah Anda memikirkan hal-hal tersebut saat memilih sekolah internasional? Jika tertarik, Sampoerna Academy merupakan sekolah internasional yang dapat Anda jadikan pilihan. Sebagai pionir dalam metodologi pembelajaran STEAM, dan juga kurikulum internasional dan tentunya fasilitas yang dimiliki berkualitas demi mendukung proses belajar si kecil.