8 Manfaat Vitamin B yang Harus Kamu Tahu

8 Manfaat Vitamin B yang Harus Kamu Tahu

Wawasandunia.com - Tidak ada manusia yang tidak membutuhkan vitamin, apalagi vitamin banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin B. Gunanya banyak sekali, mulai dari menjaga kesehatan saraf tubuh, menjadi sumber energi, bisa juga untuk menjaga kesehatan kulit serta mata.

Vitamin ini juga bisa membantu dalam produksi hormon, membantu untuk mengedarkan oksigen ke dalam seluruh tubuh dan masih banyak lagi.

Supaya bisa mendapatkan manfaat dari vitamin B, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B di dalamnya. Apabila Anda menyelepekan hal ini, maka tubuh akan kekurangan vitamin ini dan akhirnya muncul masalah kesehatan. Contohnya penyakit beri-beri, kulit kering, kram otot, mudah lelah, sampai nafsu makan yang berkurang.

Manfaat Vitamin B yang Harus Kamu Tahu


Manfaat Vitamin B yang Harus Kamu Tahu

Berikut ini adalah berbagai manfaat vitamin B yang harus Anda ketahui, silahkan simak:

1. Vitamin B1


Vitamin B1 atau thiamine merupakan salah satu faktor penting sebagai sumber energi dan sebagai penjaga sistem saraf supaya tetap sehat. 

Jadi fungsinya memang untuk menjaga semua sistem saraf dalam tubuh, supaya tetap bisa berfungsi dengan semestinya. Jenis vitamin yang satu ini juga dibutuhkan dalam proses pengubahan makanan menjadi energi untuk beraktivitas. 

Biji-bijian utuh, susu, daging sapi, buah-buahan dan kacang polong adalah sumber vitamin B1 yang bisa dikonsumsi tiap hari.

2. Vitamin B2


Vitamin B2 atau fiboflavin merupakan zat yang bisa menjaga kesehatan mata dan kulit Anda. Jenis vitamin yang mampu mencerna karbohidrat, protein, juga lemak. 

Jika ingin mendapatkan vitamin B2, maka konsumsi sayuran, ikan, telur dan nasi. Tapi jangan letakkan bahan-bahan tersebut di bawah sinar matahari, sebab bisa merusak kandungan vitamin B2-nya.

3. Vitamin B3


Vitamin B3 atau niacin membantu dalam menjaga dan juga memastikan kinerja sistem saraf tetap maksimal. Juga untuk mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh. 

Supaya tubuh Anda mendapatkan asupan B3 dengan cukup, konsumsi daging sapi, kacang-kacangan, ikan, susu dan telur.

4. Vitamin B5


Vitamin B5 atau pantothenic acid fungsinya untuk memproduksi hormon dan untuk pertumbuhan tubuh juga. Selain itu, juga membantu dalam mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh Anda. 

Kandungan vitamin B5 ini bisa Anda temukan dalam kentang, brokoli, nasi merah, tomat dan daging ayam serta daging sapi.

5. Vitamin B6


Vitamin B6 atau pyridoxine yang fungsinya dalam peredaran oksigen ke seluruh tubuh Anda. Manfaatnya untuk menjaga saluran pencernaan, menjaga otot dan untuk imunitas tubuh. 

Jika ingin mendapatkannya, sebaiknya Anda konsumsi kacang, kentang, susu, ikan, daging ayam dan juga pisang.

6. Vitamin B7


Vitamin B7 atau biotin fungsinya untuk memecah karbohidrat dan lemak. Jadi vitamin ini memang mampu memecah lemak dan karbohidrat yang kemudian dijadikan asam lemak serta glukosa, jadilah energi. Konsumsi pisang, wortel, sereal, hati dan ikan salmon.

7. Vitamin B9


Vitamin B9 atau folic acid fungsinya untuk kesehatan kandungan dan janin Anda. Dengan cukup mengonsumsi folic acid, maka mampu menurunkan risiko cacat sistem saraf pada si jabang bayi. 

Utamanya sistem saraf pusat, yaitu spina bifida. Supaya bisa mendapatkan vitamin ini, konsumsi brokoli, sereal, asparagus dan juga hati.

8. Vitamin B12


Vitamin B12 atau cobalamin perannya dalam membantu pembentukan sel darah merah yang penting. Bila cukup vitamin ini maka dapat menjaga sistem saraf tubuh, juga membantu dalam pembentukan energi tubuh. Vitamin ini ada dalam makanan seperti keju, susu, telur dan ikan salmon.

Demikian adalah beberapa manfaat vitamin B yang harus kamu tahu, semua itu bisa dikonsumsi dari makanan yang telah disebutkan di atas atau bisa juga mengonsumsi suplemen makanan. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah vitamin B yang diproduksi Pyridam Farma.

Anda bisa menemukan suplemen makanan vitamin B di website Pyfa Health, dengan tampilan yang user friendly, Anda bisa menggunakan website ini dengan mudah. 

Selain menyediakan suplemen makanan, Pyfa Health juga menyediakan berbagai obat yang Anda butuhkan untuk berbagai kondisi kesehatan Anda. Lalu, jangan lupa untuk selalu menjaga gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi.