Mengenal Flutter Developer yang Sedang Naik Daun

Mengenal Flutter Developer yang Sedang Naik Daun

Wawasandunia.com - Setelah sempat trending beberapa hari lalu di Google Trends, software SDK pembuat aplikasi Android ataupun iOS ini dilahirkan oleh Google untuk para programmer mobile.

Flutter itu apa sih?

Flutter
Flutter

Singkatnya Flutter adalah pembuat software dengan high-fidelity yang dikembangkan oleh Google untuk para developer di platform Android atau iOS. Lebih sederhana lagi, jadi Anda bisa menggunakan Flutter ini untuk membuat aplikasi yang nantinya bisa digunakan di perangkat smartphone dengan hanya satu basis kode saja.

Ada yang beranggapan adanya Flutter ini sebagai reaksi terhadap sebuah software serupa yang diluncurkan lebih dulu oleh GitHub pada 2015 silam. Karena itu lahirlah Flutter pada tahun 2017.

Anda yang sudah mengenal Java, dan bahasa pemrograman Dart. Dipastikan akan mampu menguasai Flutter dalam waktu yang singkat saja. Karena dasarnya bahasa yang digunakan untuk memprogram aplikasi di Flutter ini menggunakan Dart.

Teknologi yang digunakan Flutter


Dengan banyaknya teknologi dukungan seperti C++, Dart, Java, Skia, Mojo IPC dan lain sebagainya yang bekerja sama dengan Flutter. Aplikasi pembuat program ini menjadi teknologi yang bisa menghasilkan program dengan kinerja tinggi, UI keren dan bisa digunakan di berbagai macam platform dengan hanya perlu satu basis kode saja. Keren kan?

Untuk bisa menggunakan aplikasi hasil buatan Flutter ini setidaknya dibutuhkan perangkat dengan sistem Android minimal 4.1 atau perangkat iOs 8 ke atas.

Apa saja keunggulan Flutter?


Setidaknya ada 4 keunggulan Flutter yang akan dibahas di sini, mulai dari cross platform sampai dengan tampilan UI yang sangat indah.

Cross Platform


Flutter sebagai pembuat aplikasi ini hanya perlu satu basis data saja untuk digunakan pada berbagai macam platform. Anda bisa merancang dan membuat aplikasi dengan Flutter, lalu nanti hasilnya bisa digunakan pada peranngkat mobile seperti Android dan iOS. Atau juga bisa digunakan pada perangkat web dan desktop.

Jadi sekali melangkah, berbagai macam platform sangat mungkin dibuat aplikasinya melalui Flutter. Jadi lebih hemat waktu kan.

Hot Reload


Fitur keren akan sangat diandalkan ketika kita hendak membuat perbaikan pada aplikasi. Tinggal ganti beberapa kode, aplikasi pun akan berubah otomatis tanpa perlu waktu yang lama. Inilah yang dimaksud dengan hot reload. Waktu yang dibutuhkan hanya 1 detik saja dari mengubah kode yang diperbaiki sampai terlihat perubahannya.

Pembuat Aplikasi yang super cepat


Dengan fitur hot reload, Anda juga tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuat satu aplikasi. Dan lagi karena penggunaanya bisa cross platform, Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya.

Sangat berbeda dengan pembuat aplikasi secara native. Waktu yang dibutuhkan untuk meninjau kode yang dibuat menjadi sebuah aplikasi yang bisa digunakan, setidaknya dibutuhkan waktu lebih dari 1 menit.

User Interface (UI) yang sangat indah tapi sederhana


Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Flutter ini adalah mampu menghasilkan grafik UI yang sangat indah tetapi dengan hanya mengandalkan widget-widget saja. Ya, untuk mengatur semua kostumisasi aplikasi yang akan dibuat nantinya, kita bisa mengubahnya dengan mengatur widget tertentu saja. Jadi lebih sederhana.

Kelebihan lainnya adalah Flutter mampu menjalankan animasi maksimal sampai 120 frame per detik. Keren sekali bukan?

Kursus Flutter Terbaik


Kursus Flutter Terbaik
Kursus Flutter Terbaik di Indonesia

Setelah membaca penjelasan dan menyimak juga setiap kelebihan yang ditulis pada artikel ini. Sepertinya tidak adil ketika Anda hanya menikmatinya saja. Ya, untuk bisa menjadi bagian para pembuat aplikasi keren di Android maupun iOS, Anda bisa bergabung dengan Course-Net.com untuk mendapatkan kursus IT terbaik saat ini.

Anda bisa mendapatkan kursus Flutter terbaik di sana. Karena ada banyak coach yang siap mendampingi perjalanan Anda mengenal Flutter dari awal sampai bisa. Karena memang coach yang ditugaskan di course juga orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi di dunia pemrograman.

Apalagi dengan fitur cukup 1x bayar supaya bisa mengerti materi dari 0 sampai mahir. Dan Anda tidak perlu memiliki dasar pemrograman untuk bisa belajar flutter di pelatihan IT terbaik ini. Langsung saja yuk kita kunjungi Https://www.course-net.com untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berharga tersebut.