Konsep Dunia Pendidikan dengan Metaverse

Konsep Dunia Pendidikan dengan Metaverse

Apakah Anda akhir-akhir ini sering mendengar istilah metaverse? Anda bukan satu-satunya orang yang sedang mencari tahu tentang apa itu metaverse dan bagaimana dunia pendidikan bisa berhubungan dengan istilah ini.

Mari kita telisik lebih jauh tentang apa itu metaverse dan mengapa belakangan istilah ini menjadi tren baru yang diperbincangkan. Jika Anda sudah tak asing dengan VR (virtual reality), maka metaverse adalah level di atasnya.

Apakah Metaverse Itu?


Apakah Metaverse Itu?

Internet telah menjadi kebutuhan utama warga dunia, termasuk di Indonesia. Perkembangan internet yang sangat pesat diikuti dengan perkembangan teknologi pendukung telah memberikan warna bagi interaksi antar orang.

Pandemi COVID-19 juga ikut andil dalam mendorong penggunaan internet secara intens dan masif. Sudah bukan hal baru lagi bahwa sejak pandemi datang kehidupan kita sangat bergantung pada internet. Hampir semua aktivitas dilakukan dengan bantuan internet karena kondisi yang memaksa kita saling berjauhan.

Para ahli memprediksi bahwa internet pada akhirnya akan berkembang menjadi metaverse. Metaverse adalah sebuah dunia realitas virtual tempat pengguna dapat berinteraksi, bermain game, dan menjalankan segala hal persis dengan yang dilakukan di dunia nyata.

Dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) saat ini, Anda akan bisa berinteraksi dengan objek dan orang-orang yang yang diproyeksikan secara visual di metaverse.

Kehidupan di Dunia Metaverse


Metaverse pada dasarnya adalah representasi dari dunia virtual 3D yang imersif dimana pengguna dapat berinteraksi dengan ruang yang berbeda sebagai avatar digital mereka. 

Sama seperti dunia nyata, metaverse dapat memungkinkan pengguna untuk bergerak di sekitar ruang metaverse yang berbeda sebagai avatar digital mereka.

Anda bisa saja duduk santai di sofa tapi terasa berada di tengah ruang pertemuan, persis sama dengan kenyataan. Bisa juga dalam dunia pendidikan, seorang murid menggunakan teknologi VR seperti berada di ruang kelas dan mengikuti pelajaran. 

Padahal ia sedang duduk di kamarnya dalam piyama. Potensi metaverse adalah kita bisa membangun dunia yang memungkinkan kita masing-masing mengekspresikan diri terbaik kita.

Pergi ke Kampus Secara Virtual


Dunia pendidikan adalah salah satu yang diuntungkan dengan keberadaan metaverse. Setelah pandemi memaksa pembelajaran jarak jauh hadir menggantikan ruang perkuliahan, kini teknologi virtual bisa menjadi arah perkuliahan yang baru.

Kemajuan teknologi seperti metaverse ini akan membuat kegiatan belajar, terutama perkuliahan bisa dilakukan dengan lebih intens, nyata, dan menarik. 

Mahasiswa dan dosen bisa berada dalam sebuah dunia virtual dan saling terhubung tanpa harus benar-benar berinteraksi secara fisik hadir di tempat yang sama. 

Metaverse memungkinkan interaksi aktif real-time terjadi tanpa harus bertemu secara langsung.

Mahasiswa bisa mengalami sendiri bagaimana berada di sebuah konflik, mengalami peristiwa sejarah, berada di wilayah pertanian, atau berada dalam situasi apapun sesuai dengan topik diskusi perkuliahan. 

Pengalaman langsung seakan-akan berada di lokasi akan mendorong mahasiswa lebih aktif, responsif, dan juga memicu pemikiran kritis.

Uhamka Siap Menuju Islamic Metaverse University


Uhamka Siap Menuju Metaverse University

Sebagai universitas yang selalu mengikuti perkembangan teknologi yang menajdi bagian dari pengembangan akademis, Uhamka mendukung implementasi kampus virtual.

Metaverse University adalah salah satu tujuan Uhamka yang tertuang dalam semangat metaverse Muhammadiyah. Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi dan pengalaman-pengalaman ini diharapkan bisa menjadi input baru yang akan memajukan perkuliahan.

Mahasiswa sebagai agent of change harus mendapat manfaat dari teknologi yang tetap mengutamakan interaksi sosial secara virtual ini. Uhamka mewadahi perkuliahan virtual yang diharapkan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa.

Apalikasi metaverse untuk perkuliahan akan mengubah wajah perkuliahan menjadi lebih kreatif, inovatif dan bisa menjangkau lebih luas sehingga membawa manfaat yang lebih besar pula. 

Metaverse muhammadiyah seyogyanya dapat mengikuti perkembangan dunia digital. Kontribusi metaverse muhammadiyah ini akan sangat besar bagi bangsa.

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. Uhamka akan terus menjadi penyokong perkuliahan masa depan yang lebih menantang, dan hasil lulusan gemilang bukan anagan-angan belaka.

Teknologi islamic metaverse bisa menjadi harapan baru bagi pendidikan yang lebih adaptif terhadap perubahan zaman. Dengan mengusung metaverse mahasiswa diharapkan bisa memberikan andil besar bagi kemajuan pendidikan tanah air, berprestasi dan menjadi ahli dalam teknologi virtual reality tiga dimensi.