Segera Hindari! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak

Segera Hindari! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak

Kulkas termasuk salah satu barang elektronik yang wajib ada di dalam rumah. Lemari es atau kulkas ini adalah barang elektronik yang mengandalkan proses pendinginan untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman agar kualitasnya tetap terjaga. 

Namun, seringkali, kulkas kurang terawat dengan baik oleh penggunanya karena berbagai kesibukan ataupun kemalasan.

Segera Hindari! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak

Padahal, memberikan perawatan pada kulkas sangat penting agar kulkas bisa awet dan tahan lama. Untuk menjaga kulkas tetap awet dan bagus, kamu bisa mulai dengan menghindari sejumlah kebiasaan yang bikin kulkas cepat rusak. 

Ingin tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kulkas mudah rusak? Intip ulasannya di bawah ini yuk!

1. Memasukkan Makanan yang Masih Panas Ke Dalam Kulkas


Memasukkan makanan yang masih dalam kondisi panas ke dalam kulkas ternyata menjadi salah satu faktor kulkas cepat rusak. 

Banyak orang yang langsung memasukan makanan panas, seperti agar-agar atau puding yang masih panas ke dalam kulkas agar cepat dingin. Padahal, kebiasaan ini bisa bikin kulkas bekerja lebih ekstra dalam mempertahankan suhu yang telah diatur.

Kalau hal ini sering dilakukan, bukan tidak mungkin kulkas milikmu akan cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu makanan dingin dulu sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, sehingga kulkas bisa lebih tahan lama.

2. Tidak Membersihkan Bunga Es yang Menumpuk


Hal ini umum terjadi pada kulkas 2 pintu. Bunga es yang menumpuk di dalam kulkas, terutama di evaporator, akan memicu sirkulasi udara dingin menjadi terhambat dan bikin kulkas tidak dingin, bahkan bisa berujung mengalami kerusakan.

Bunga es ini bisa terjadi sebab fan tidak berputar atau heaternya yang tidak bekerja. Dibutuhkan pemeriksaan ahli khusus untuk mengetahui penyebabnya. Namun, kamu juga dapat membersihkannya secara rutin agar bunga es tidak terlalu menumpuk.

3. Kulkas Tidak Tertutup dengan Rapat


Kebiasaan ini mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya kulkas yang tertutup tidak rapat dapat menyebabkan kulkas cepat rusak. Pasalnya, kulkas akan terus bekerja dan berusaha mempertahankan suhunya. Kulkas yang sering bekerja terlalu ekstra membuatnya semakin mudah mengalami kerusakan.

Untuk mencegahnya, kamu harus memastikan menutup kulkas dengan rapat setelah membukanya. Kalau perlu, ganti karet pintu kulkas secara rutin agar pintu bisa tertutup dengan rekat.

4. Temperatur Pendingin yang Terlalu Tinggi


Temperatur kulkas mungkin jarang diperhatikan. Tapi ternyata, penting sekali untuk kita menyesuaikan temperatur dengan banyaknya isi lemari es. 

Ketika kulkas kosong, maka atur temperatur tertinggi. Sementara, kalau kulkas penuh, turunkan temperatur supaya kulkas tidak bekerja keras dalam mempertahankan suhu dinginnya.

5. Mengisi Kulkas yang Tidak Tepat


Tidak jarang kita memasukkan banyak barang ke dalam kulkas. Selama masih bisa diisi, artinya kita masih dapat menyimpan sesuatu.

Akan tetapi, pemakaian freezer yang tepat sebenarnya adalah dengan mengisinya sebanyak 70%, tidak lebih dan tidak kurang. Jika kurang, daya yang dibutuhkan freezer bekas atau freezer baru jadi lebih besar, dan bila berlebihan, kulkas bisa cepat rusak.

6. Meletakkan Kulkas Di Dekat Benda Panas


Tidak sedikit orang yang terkadang memilih menyimpan kulkas di dekat barang elektronik seperti oven atau kompor. Mungkin maksudnya agar lebih praktis jika ingin mengambil bahan makanan untuk memasak.

Namun, tahukah kamu, panas yang diperoleh dari oven atau kompor tersebut dapat menyebabkan kulkas cepat rusak. Untuk itu, sebaiknya hindari menyimpan kulkas dekat barang elektronik yang panas seperti rice cooker, kompor, maupun oven.

Demikian penjelasan tentang kebiasan-kebiasaan yang bisa bikin kulkas cepat rusak. Semoga informasi tadi bisa membantu kamu merawat kulkas agar tetap awet dan tahan lama, ya!