BSI Maslahat, Lembaga Pengelola ZISWAF Amanah

BSI Maslahat, Lembaga Pengelola ZISWAF Amanah

Islam menganjurkan kaum muslim agar menyedekahkan sebagian hartanya untuk membantu sesama. Namun, dalam praktiknya, masih banyak yang bingung untuk menyalurkan zakat, sedekah, dan infaq mereka. Untuk kepentingan ini, Lembaga ZISWAF amanah dan profesional BSI Maslahat bisa Anda jadikan pilihan.

Pengertian Infaq dan Shodaqoh


Banyak orang beranggapan bahwa infaq dan shodaqoh memiliki arti yang sama, padahal terdapat perbedaan di antara keduanya. Infaq berarti harta atau materiil yang dikeluarkan di luar zakat yang digunakan untuk kepentingan umum.

Sementara itu, sedekah memiliki arti yang lebih luas dibanding infaq. Sedekah meliputi kepemilikan materiil maupun non materiil yang dikeluarkan demi kemaslahatan. Baik infak maupun sedekah bisa Anda salurkan melalui BSI Maslahat.

Lembaga ZISWAF Amanah dan Profesional, BSI Maslahat


Lembaga ZISWAF Amanah dan Profesional, BSI Maslahat

BSI Maslahat adalah Lembaga Pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf dan Dana Sosial) yang menjadi mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Strategi kemitraan ini bertujuan untuk mengoptimalkan penghimpunan dana ZISWAF, donasi sosial, dan CSR yang menyasar donatur (muzakki) pribadi maupun perusahaan.

Pengelolaan dan penyaluran dana kepada penerima zakat dirancang sedemikian rupa dengan menyorot potensi para mustahik (penerima manfaat). Hal ini memungkinkan mustahik memiliki peluang untuk bersaing hingga meningkatkan taraf hidupnya dari segi ekonomi dan sosial.

Layanan BSI Maslahat


BSI Maslahat bertugas menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf umat. Lembaga yang mengelola serta menyalurkan dana sosial dan CSR sesuai dengan kaidah syariah yang mengacu pada indikator sustainability.

Penyaluran berdasarkan indicator sustainability bukannya tanpa sebab. Tujuannya agar tidak hanya penerima yang merasakan manfaat dari arti shodaqoh, namun memberi dampak lebih luas bagi masyarakat.

BSI Maslahat mengembangkan program-program berkelanjutan untuk menghasilkan transformasi yang dapat mengubah mustahik menjadi muzakki. Hal ini berdasarkan keyakinan bahwa memberikan infaq yang baik adalah yang mampu memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat.

Di tahun ini, Lembaga Pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf dan Dana Sosial) BSI Maslahat menawarkan beberapa program baru. Program-program ini dirancang dengan tujuan memberi kemudahan bagi Anda untuk menyalurkan sedekah, yaitu:

Goamal.org


goamal.org adalah sebuah platform sedekah online yang dikelola oleh lembaga BSI Maslahat untuk menghimpun dana zakat, infak, dan wakaf. Platform ini menyediakan beragam fitur pembayaran sehingga memudahkan untuk melakukan donasi.

Anda dapat melakukan transfer dengan nominal berapa saja melalui internet banking ataupun ATM ke rekening BSI hingga scan QRIS. Kemudahan ini memungkinkan donatur bisa menyalurkan dananya kapan saja dan di mana saja.

Give 20k


BSI Maslahat menelurkan program baru bernama Give 20k yang meliputi donasi di bidang pendidikan, ekonomi, kemanusiaan, tempat ibadah (masjid), dan sebagainya.

BSI Maslahat turut berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia dengan menyalurkan dana bantuan melalui program DIDIK UMAT. Adapun kegiatan unggulannya meliputi dakwah dan waqaf Al Quran, rumah prestasi, dan beasiswa.

Program lain di bidang pendidikan yang dijalankan oleh BSI Maslahat, antaranya adalah:

  • Sahabat Pelajar Indonesia: bantuan biaya pendidikan bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu.
  • ISDP: bertujuan membentuk pemuda dengan karakter Islami, peduli terhadap masyarakat dan lingkungan, serta bersikap profesional.
  • BSI Scholarship: program beasiswa sarjana, khususnya di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Lembaga ZISWAF amanah dan profesional BSI Maslahat memberikan kemudahan untuk menyisihkan sebagian harta Anda bagi kepentingan umat. Segera bergabung di situs resminya untuk menebar manfaat dan membantu sesama.