Sandwich Panel : Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Sandwich Panel : Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Banyaknya inovasi bahan bangunan pada saat ini mampu menghasilkan ide-ide brilian dan segar untuk memenuhi kebutuhan berbagai pelaksanaan konstruksi. Tujuannya tentu agar pembangunan lebih efisien dan ekonomis. Hadirnya dinding sandwich panel merupakan salah satu terobosan tersebut.

PT. Pandu Anugrah Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi bangunan prefabrikasi sandwich panel Indonesia. Dengan tim ahli yang berpengalaman dan dedikasi tinggi, mereka hadir untuk memenuhi segala kebutuhan proyek.

Mengenal Sandwich Panel


Sandwich panel adalah jenis panel material yang terdiri dari 3 lapisan sehingga awet. Dengan layer bagian tengah merupakan sebuah lapisan material tebal dengan tingkat kepadatan tinggi, tetapi mempunyai kekuatan lebih rendah dibandingkan 2 layer pengapit.

Layaknya roti sandwich, 2 lapisan tipis yang terdapat pada struktur ini disebut lapisan kulit atau penutup. Dan satu lapisan tengah disebut lapisan inti core atau jeroan. Media yang digunakan dalam pembuatan sandwich panel diantaranya:

  • Honeycomb Sandwich
  • Truss/corrugated core sandwich
  • Foam core
  • Web Core Sandwich

Jenis Dan Harga Sandwich Panel


Sandwich Panel : Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Harga atap atau dinding sandwich panel serta plafon sandwich panel tergantung dari material intinya. Selain itu, ketebalan plafon, dinding atau atap dari bahan turut mempengaruhi harganya.

Ada beberapa jenis sandwich panel yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan beredar dipasaran. Berikut penjelasannya.

1. Sandwich Panel Atap


Jenis sandwich panel yang pertama terbuat dari material EPS tipe Thermadeck PRO digunakan untuk pembangunan atap. Biasanya jenis material tersebut mempunyai lebar 105 cm dengan ketebalan 5-10 cm.

2. Sandwich Panel Dinding


Dinding sandwich panel berfungsi untuk melapisi bagian dinding dengan materialnya yang digunakan adalah EPS. Thermastyle Pro dengan lebar 95 cm dan tebal 5-10 cm merupakan tipe yang paling sering dipakai.

3. Sandwich Panel Khusus


Berbeda dengan jenis sandwich panel lainnya, berikut ini merupakan sandwich panel yang hanya digunakan untuk jenis konstruksi tertentu saja. Sebagai contoh untuk pembangunan gudang atau freezer.

Alasannya karena material yang ada cukup tebal yaitu sekitar 40 mm hingga 25 cm namun bebannya cukup ringan.

Keunggulan Sandwich Panel


Terdapat beberapa keunggulan dan kekurangan penggunaan sandwich panel. Berikut merupakan penjelasannya.

1. Hemat Energi


Penggunaan sandwich panel berlapis dinding mampu menghemat pengeluaran listrik. Selain dinding panel mampu memantulkan cahaya lampu secara optimal, penggunaan sandwich panel membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih sejuk.

2. Lebih Ekonomis


Pemasangan sandwich panel tidak membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga proses pemasangan dinding panel lebih ekonomis secara waktu dan tenaga.

3. Pemasangan Cepat dan Perawatan Mudah


Umumnya membuat lapisan dinding atau atap memerlukan waktu yang lama serta pekerja yang banyak. Namun, tidak demikian dengan penggunaan sandwich panel ini.

4. Tahan Terhadap Gempa


Keunggulan bangunan prefabrikasi yang menggunakan sandwich panel adalah lebih kuat dan lentur, sehingga saat terjadi gempa tidak akan menimbulkan kerusakan yang parah.

5. Bahan Lebih Ringan


Selain Ketebalan sandwich panel hanya 75 mm, berat jenis sandwich panel jauh lebih ringan dibandingkan dengan panel modular lainnya. Sehingga pemasangan sandwich panel ini tidak memberatkan.

6. Simple


Pemasangan sandwich panel tidak membutuhkan banyak material pendukung seperti air, semen, dan pasir. Bahan bangunan prefabrikasi merupakan bahan rakitan pabrik, dimana hanya tinggal merakitnya di lokasi yang diinginkan.

PT Pandu Anugerah merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai jenis pintu sandwich panel dengan kualitas terbaik dan harga yang menarik. Anda bisa melakukan order dengan mudah dan prosesnya cukup cepat.

Kunjungi sandwichpanelpap.com untuk mengetahui harga sandwich panel yang terjangkau untuk keperluan Anda.

Itulah sedikit pembahasan tentang sandwich panel. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dalam mewujudkan rumah impian Anda.