3 Deretan Desa di Bali yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

3 Deretan Desa di Bali yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Jika Anda berencana berlibur bersama keluarga di Pulau Dewata Bali, banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tak melulu pantai, pedesaan di sana pun wajib Anda kunjungi, lho.

Selain memesan tiket pesawat ke Bali, salah satu hal yang harus Anda persiapkan sebelum berlibur ke Pulau Dewata adalah mengetahui tujuan Anda dan merencanakan itinerary Anda. Jangan sampai, rencana yang kurang matang merusak momen indah bersama keluarga.

Desa-desa di Bali sebagai Tempat Wisata


Desa-desa di Bali sebagai Tempat Wisata

Meskipun pantai-pantainya sangatlah indah, tapi desa wisata di Bali tidak kalah menarik. Suasana kaki gunung yang asri, hijau hamparan sawah diiringi senandung gamelan, membuat hati selalu merindukan Bali. Setidaknya, ada 3 desa di Bali yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

1. Desa Penglipuran, Desa Terbersih dan Anti Poligami


Dinobatkan sebagai desa terbersih di Bali, Desa Penglipuran yang berada di Kabupaten Bangli ini masih sangat menjaga nilai-nilai luhur, adat dan tradisinya. Desa ini sukses menyabet gelar desa terbersih lewat Kalpataru, ISTA dan Green Destination Foundation.

Desa ini memiliki ragam keunikan desa di Bali, di antaranya, tata ruang yang berkonsep beda dengan desa-desa lain di Bali, dikelilingi hutan bambu yang dipercaya dapat melindungi desa, hingga larangan memiliki istri lebih dari satu akan dihukum dengan cara diasingkan. Tempat pengasingan tersebut adalah Karang Memadu, lahan seluas 921 meter yang diperuntukkan bagi pria yang memiliki istri lebih dari satu.

Sebagaimana Bali memiliki sate lilit dan sate daging sebagai kuliner khas, Desa Penglipuran pun memiliki kuliner khasnya sendiri yang bisa menemani santap siang bersama keluarga. Kuliner khasnya yaitu Loloh Cemcem, minuman dari daun cemcem untuk melancarkan pencernaan dan juga Tipat Cantok, makanan yang terdiri dari ketupat dan sayuran rebus yang dipadukan dengan sambal kacang.

2. Segera Pesan Tiket Pesawat ke Bali untuk Datang ke Desa ini


Desa Visesa Ubud menjadi salah satu itinerary wajib yang Anda kunjungi bersama keluarga. Terletak di Ubud, tentunya, desa ini memiliki suasana yang asri, sejuk dan damai. Serunya, tak hanya merupakan sebuah ‘pedesaan’, desa ini pun menawarkan kemewahan.

Memiliki sekitar 60 villa dan 40 suites, desa ini tetap membiarkan sebagian lahannya yang alami. Bahkan, para wisatawan tertarik untuk bercocok tanam di ladang. Terdapat fasilitas spa yang mengusung tema Balinese Healing Spa, yaitu spa di dalam gua dengan rempah alami khas Bali. Lepaskan lelah Anda dan kembalilah beraktivitas dengan tubuh yang segar dan nyaman!

 3. Ada Pohon Taru Menyan di Desa ini, Tempat Meletakkan Jenazah


Anda tentu sudah tak asing lagi mendengar desa Trunyan. Desa yang terletak di Kintamani ini tersohor dengan tradisi pemakamannya yang unik. Jika biasanya jenazah orang meninggal dikubur atau dikremasi, beda halnya dengan tradisi di desa ini. Di desa ini, jenazah dibiarkan di bawah pohon Taru Menyan, tanpa dikubur.

Sebab mengeluarkan aroma yang harum, jenazah diletakkan di sana sehingga bau jenazah akan tersamarkan dengan bau harum dari pohon tersebut.

Meski terdengar menyeramkan, tapi desa ini cocok untuk dijadikan sebagai wisata menarik dan edukatif untuk keluarga tercinta Anda. Dari desa ini, kita jadi tahu bahwa berada di mana pun, adat dan tradisi setempat adalah suatu hal yang harus dihormati dan dijunjung tinggi.

Setelah mengetahui informasi tentang desa-desa di Bali, apakah Anda Tertarik untuk membeli tiket pesawat ke Bali dengan Traveloka? Rencanakan perjalanan Anda hanya dengan agen perjalanan terbaik dan terpercaya agar liburan bersama keluarga menjadi semakin berkesan!