Tips Merawat Mata Bayi Belekan: Dari Gejala Hingga Pengobatan

Tips Merawat Mata Bayi Belekan: Dari Gejala Hingga Pengobatan

Kondisi mata bayi belekan bisa terjadi sejak lahir karena belum berfungsinya saluran pembuang air mata yang menyebabkan air mata tertahan.

Bayi belekan juga bisa terjadi karena bakteri. Terkait hal ini Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Katingan memberikan perhatian cukup serius agar kondisi bayi tidak semakin parah.
 

Gejala Belekan pada Bayi


Belekan pada bayi tidak boleh dibiarkan. Si kecil bisa rewel karena kurang nyaman.

Akibat dari mata bayi baru lahir belekan dapat menyebabkan si kecil kurang nafsu minum ASI. Gejala belekan pada bayi biasanya berupa:
 

Mata merah


Gejala umum mata bayi belekan adalah bagian putih pada mata berubah menjadi merah.

Hindari bayi dari kontaminasi dan jangan gunakan perlengkapannya pada orang lain untuk mencegah masuknya bakteri atau kuman yang menyebabkan kondisi mata bertambah parah.
 

Muncul kotoran berwarna kuning


Setelah mata menjadi merah, belekan pada bayi biasanya diikuti dengan munculnya kotoran.

Jika parah kotoran ini dapat membuat si kecil susah untuk membuka mata karena bulu mata lengket.
 

Ada nanah pada mata


Belekan pada bayi jika tidak segera mendapat penanganan dapat menyebabkan muncul nanah.

Nanah tersebut berasal dari infeksi pada belek yang sudah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri.
 

Tips Merawat Mata Bayi yang Belekan


Tips Merawat Mata Bayi Belekan: Dari Gejala Hingga Pengobatan

Perhatian orang tua untuk menjaga kebersihan bayi sangat penting agar tetap sehat.

Di Katingan, Kalimantan Tengah persatuan ahli farmasi cukup konsen dalam hal ini dengan memberikan informasi melalui website, https://pafikatingan.org/.

Beberapa tips merawat mata bayi yang belekan antara lain:
 

Cuci tangan setiap akan menyentuh bayi


Pastikan kebersihan tangan Anda sebelum menyentuh atau menggendong bayi. Caranya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya sampai bersih.
 

Bersihkan mata dengan kapas


Belekan tidak hanya bisa terjadi pada bayi baru lahir. Bisa saja mata anak 2 tahun belekan tapi tidak merah. Meski demikian tetap harus diwaspadai.

Bersihkan mata bayi atau anak-anak yang belekan dengan menggunakan kapas. Acanya basahi kapas, kemudian usapkan pada mata dari arah dalam ke luar.

Gunakan kapas hanya untuk sekali usap dan langsung buang. Jika belum bersih, ambil kapas kembali dan lakukan cara sebelumnya untuk membersihkan belek.
 

Keringnya secara lembut


Setelah mata dibersihkan, keringkan dengan kain atau handuk yang lembut, cukup dengan menepuk pelan dan jangan diusap agar kondisi mata tidak semakin parah.
 

Pengobatan Belekan pada Mata Bayi


Pengobatan mata belekan pada bayi harus tepat agar tidak terjadi iritasi. Sebaiknya mengobati belek tersebut dengan produk atau bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Katingan memberikan beberapa saran untuk mengobati belekan pada bayi. Anda bisa mencoba:

Pijatan


Cara paling mudah untuk mengatasi belekan pada bayi adalah memijat lembut kedua mata hingga hidung. Lakukan pemijatan beberapa kali sampai belekan sembuh.
 

Kompres


Kompres dengan kain basah dapat mengurangi pembengkakan dan membuat mata bayi kembali terasa nyaman.
 

Anti biotik


Cara ini bisa dilakukan dengan petunjuk dokter. Pastikan menggunakan obat tetes yang direkomendasikan khusus untuk bayi.

Cukup mudah mengatasi belekan yang terjadi pada bayi seperti yang disarankan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Katingan. Pastikan cara pengobatan tersebut tetap membuat bayi merasa nyaman!