Lacak Paket saat Belanja Online, Penting gak sih?

Lacak Paket saat Belanja Online, Penting gak sih?

Seberapa pentingkah lacak paket ketika belanja online? Sebelum membahas pentingnya lacak paket, perlu diketahui untuk melakukan hal tersebut harus memiliki no resi. Nomor ini didapatkan dari jasa ekspedisi yang digunakan. Dengan melakukan cek resi informasi terkait paket lebih jelas.

Pengertian nomor resi, dari kata resi artinya bukti tertulis penerimaan telah melakukan pengiriman berupa surat, uang, paket, dan lainnya yang dikeluarkan oleh jasa pengirim. Nomor resi berarti nomor seri yang terdapat dalam bukti penerimaan tertulis tersebut.

Sekarang ini nomor resi sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh orang-orang yang belanja online. Setiap melakukan pengiriman paket maka no resi akan diberikan. Apa hubungannya cek resi dengan lacak paket? Untuk menjawab ini silakan baca sampai selesai.

Fungsi Nomor Resi untuk Cek Resi


Fungsi Nomor Resi untuk Cek Resi

1. Bukti Paket Sudah Dikirim


No resi yang diberikan oleh toko online menandakan bahwa barang yang dipesan mulai dikirim. Berarti pemilik toko online sudah mengirimkan barang ke jasa ekspedisi sesuai kesepakatan. Jadi merasa tenang bahwa toko online tidak melakukan penipuan.

2. Cara Untuk Lacak Paket


Setelah tahu bahwa paket sudah dikirim oleh toko online.Untuk memantau paket sudah sampai dimana lebih gampang dengan cek resi di situs web. Hal ini juga bisa menjadi bukti bahwa toko online memang benar-benar telah mengirim.

Kalau barang yang dikirim sehari setelah pesan ada perubahan lokasi, sebagai tanda barang sudah terkirim. Informasi dengan cek resi untuk lacak paket lebih detail dan selalu update.

Inilah pentingnya melakukan lacak paket secara online. Agar terhindar dari penipuan dan mengetahui barang sudah dikirim. Jika paket bisa terlacak pastinya barang akan sampai ditangan.

3. Sebagai Klaim di Ekspedisi


Jika belanja online yang tidak perlu diantar ke rumah maka mengambilnya di tempat ekspedisi. Untuk mengklaim barang yang ada adalah kepunyaan sendiri maka perlu memberikan bukti no resi untuk pengecekan. Jika nomor resinya sama maka barang bisa diambil.

4. Untuk Komplain Paket yang Terkendala


Jika terjadi barang belum sampai di hari yang seharusnya sudah ditangan. Untuk mengajukan keluhan terhadap paket yang sudah dikirim oleh toko online dengan cara menghubungi kontak layanan ekspedisi dan sebutkan no resi yang dimiliki. Dengan ini akan segera diketahui kendala apa yang menyebabkan paket belum sampai.

Pentingnya nomor resi untuk kepentingan belanja online sebaiknya simpan baik-baik sampai barang sudah sampai di tangan. Untuk cek resi yang mudah dan cepat bisa gunakan website di Shipper.id. Shipper adalah salah satu perusahaan dibidang jasa ekspedisi yang memberikan layanan aggregator logistik yaitu pengiriman barang dan jasa warehouse yaitu jasa sewa gudang.

Cara Cek Resi dan Lacak Paket di Shipper


Cara untuk mengecek resi juga lacak paket sangat mudah di Shipper. Untuk melacaknya hanya memerlukan paket data dan gawai atau komputer. Pengecekan paket di Shipper bisa untuk berbagai ekspedisi yang ada di Indonesia.

  1. Buka aplikasi pencarian, ketikan shipper.id kemudian enter.
  2. Di Halaman utama Shipper, di bagian atas halaman ada menu ‘tautan cepat’, kemudian klik. Pilih menu ‘lacak paket’.
  3. Setelahnya akan muncul kolom pengisian no resi. Ketik no resi yang ada di bukti pengiriman barang.
  4. Jika memiliki lebih dari satu no resi bisa lakukan cek sekaligus dengan maksilam 10 no resi. Pisahkan no resi yang berbeda dengan spasi, koma, atau baris baru.
  5. Setelah ketik no resi, klik jasa ekspedisi yang digunakan. Pilihan jasa ekspedisi sudah tertera di bawah kolom.
  6. Scroll kebawah akan muncul hasil pencarian. Klik ‘detail’ untuk mengetahui keberadaan paket.

Cukup mudah bukan untuk mengetahui dimana paket berada. Dengan adanya kemudahan melalui online tidak perlu bingung untuk mendapatkan informasi terkait paket. Jika terjadi sesuatu pun akan terlihat waktu dan tempat paket dimana.

Begitulah pentingnya bisa melakukan cek resi dan lacak paket ketika belanja online. Jadi setiap belanja online harus meminta bukti kirimnya dengan mencantumkan no resi yang bisa dilacak. Semoga belanja online lebih nyaman dengan menggunakan sistem pelacakan dari Shipper.