5 Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Mencuri Perhatian

5 Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Mencuri Perhatian

Berbagai aktivitas saat ini tidak lepas dari penggunaan teknologi. Dari bekerja, jualan, shopping, komunikasi dan segala aspek kehidupan terdapat peran teknologi yang tidak terpisahkan. Sehingga, pekerjaan di Bidang IT pun memiliki prospek yang tinggi.

Sejatinya teknologi terus mengalami perkembangan untuk menyempurnakan teknologi yang sudah ada. Tidak heran jika bidang IT mencuri perhatian banyak kalangan sebagai pekerjaan bergengsi di masa kini maupun mendatang.

Hal tersebut karena karier di bidang IT sangat menjanjikan dengan gaji yang terbilang tinggi. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki minat dalam Bidang IT jangan ragu untuk terjun menjadi ahli profesional sesuai bidang yang diminati.
 

Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Bergengsi


Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Bergengsi

Terdapat beberapa bidang untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan di Bidang IT. Baik itu yang berhubungan dengan kecerdasan buatan (AI), machine learning, analitik data, dan komputasi awan.

Adapun pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai bidang yang paling dikuasai, yaitu:

1. Machine Learning Engineer


Pekerjaan dalam bidang ini berkaitan dengan big data dalam membuat sebuah algoritma yang lebih kompleks. Dimana algoritma tersebut dapat memprogram mesin untuk menjalankan tugas layaknya manusia.

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki niat besar terhadap ilmu komputer karena berkaitan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI).
 

2. Data Scientist


Data Scientist adalah pekerjaan di Bidang IT dalam mengumpulkan dan menggunakan data untuk kemajuan perusahaan. Data yang didapat harus akurat karena membantu dalam mengambil keputusan suatu bisnis.

Walau bukan pekerjaan baru, nyatanya pekerjaan ini digadang sebagai pekerjaan terseksi abad 21. Bahkan termasuk pekerjaan No. 1 di Indonesia yang didambakan.
 

3. Cloud Engineer


Banyak perusahaan atau organisasi yang membutuhkan cloud engineer dalam implementasi infrastruktur yang berkaitan dengan cloud atau penyimpanan awan. Karenanya, memilih karier sebagai ahli Cloud Engineer selalu menjanjikan.
 

4. Robotics Engineer


Penggunaan robot untuk memudahkan pekerjaan bukanlah sesuatu yang baru. Baik untuk kebutuhan manufactur maupun kebutuhan di rumah banyak yang memanfaatkan robot dalam membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Tidak menutup kemungkinan kedepannya akan lebih banyak lagi robot yang diciptakan untuk menggantikan tugas manusia yang sulit. Yang mana seorang ahli robotik pun akan banyak dicari.

Pada dasarnya Robotics Engineer bekerja dalam membuat rancangan robot, lalu menciptakan robot yang aman dan mudah digunakan.
 

5. Desainer UX


Pekerjaan di bidang IT sebagai desainer UX pun sangat dibutuhkan layaknya Robotics Engineer. Hal ini karena Desainer UX berperan dalam membuat desain untuk perangkat lunak, aplikasi atau situs web yang menyesuaikan dengan kebiasaan konsumen.

Tidak hanya itu tampilan pada perangkat lunak tersebut harus menyesuaikan juga dengan perilaku konsumen dan memberikan user experience yang baik.

Dari 5 pekerjaan di Bidang IT tersebut sudah pasti sangat menjanjikan sebagai karier di masa depan. Dimana kelima bidang tersebut akan selalu dibutuhkan.

Misalnya menurut World Economic Forum berkarier sebagai Data Scientist menjadi pekerjaan yang paling dibutuhkan di tahun 2025. Tentunya di era teknologi Data Scientist adalah bidang yang berperan besar dalam suksesnya sebuah perusahaan.
 

Pengaruh Data Scientist di BRITECH


BRI sebagai bank BUMN selalu berusaha memberikan layanan terbaik untuk para nasabah melalui BRITECH. Yang mana lebih dari 100 engineer dari berbagai kampus di dunia telah bergabung di BRITECH.

DI BRI Data Scientist menjadi salah satu profesi yang berperan sebagai konsultan yang berperan dalam memberikan saran dan solusi. Dimana Data Scientist bekerja menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning dalam mengolah data.

Selain itu dalam menjalankan tugas sebagai Data Scientist, BRITECH menggunakan framework OSEMN (Obtain, Scrub, Explore, Model, dan Interpret). Berikut penjelasan mengenai tugas dari bagian-bagian OSEMN.

  • Obtain untuk mengumpulkan data.
  • Scrub sebagai investigasi seluruh data yang ditemukan.
  • Explore untuk eksplorasi data yang nantinya dijadikan sebagai saran dan solusi.
  • Model yaitu data yang akan dijadikan sebagai model dan hanya menggunakan data yang relevan.
  • Interpret merupakan interpretasi dari model yang sudah dibuat dan dapat dipertanggungjawabkan terhadap hasil akhir yang akan diperoleh.

Menggunakan OSEMN sebagai data Scientist berhasil memberikan solusi terhadap permasalahan Bank BRI dan digunakan juga untuk mencegah kasus penipuan (fraud). Itulah mengapa Data Scientist memiliki peran penting dan besar bagi Bank BRI.