Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham untuk Pemula

Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham untuk Pemula

Cara Mulai Investasi Saham - Anda pasti sudah mengetahui manfaat investasi saham, salah satunya adalah mendapatkan banyak keuntungan dengan modal yang relatif sangat kecil.
Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham untuk Pemula

Itulah mengapa banyak orang yang kemudian berbondong-bondong ingin memulai investasi saham, dan cenderung ceroboh sehingga menyebabkan masalah, salah satunya terbelit kerugian dan hutang yang menggunung.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang masih pemula pastikan mengetahui beberapa cara memulai investasi saham untuk pemula. Dengan mengikuti saran ini, diharapkan Anda segera mendapatkan manfaat investasi saham yang menguntungkan. Silahkan disimak:

1. Pilihlah Sekuritas yang Paling Tepat


Ketika Anda ingin mulai investasi, maka Anda harus memiliki rekening efek atau dikenal juga sebagai rekening dana nasabah dulu sebelum memulai.

Anda bisa membuka rekening ini di berbagai perusahaan sekuritas yang ada, kemudian setelah rekening Anda selesai dibuat, maka setorkan sejumlah uang ke dalam rekening yang Anda miliki.

Adapun uang tersebut akan Anda gunakan sebagaimana uang elektronik sebagaimana biasanya. Nantinya jika Anda akan membeli saham dengan cara online, maka bisa memakai uang elektronik yang Anda miliki itu.

Anda harus hati-hati dalam memilih sekuritas atau broker, ada banyak sekali yang bisa dipilih dan tarif transaksinya berbeda tinggal sesuaikan dengan Anda.

2. Atur Pembelian dengan Benar


Wajar sekali jika investor pemula takut rugi, namun segera hilangkan rasa itu sedikit demi sedikit sebab rasa takut rugi bisa membuat Anda jadi jalan di tempat dan tidak akan maju. 

Cobalah untuk investasi saham dengan biaya rendah saja, sehingga risiko kerugian yang akan didapatkan juga kecil. 

Namun perlu Anda ketahui, jika investasi Anda kecil, maka keuntungannya juga akan kecil yang didapatkan.

3. Harus Paham dengan Indeks Saham


Karena dalam dunia investasi saham yang keras, ada juga yang dinamakan indeks saham. Yang dimaksud indeks saham adalah ukuran statistik dari perubahan gerak harga yang berasal dari beberapa jenis saham, lalu akan dipilih dengan menyesuaikan beberapa macam faktor yang ada.

Untuk Anda yang masih pemula, bisa mencoba untuk investasi pada saham yang ada di dalam indeks LQ45 dan IDX30.

Mengapa? Sebab saham-saham yang ada di indeks tersebut memang memiliki nilai likuiditas yang terbilang tinggi.

Untuk Anda yang masih pemula, sangat dimaklumi jika ingin main aman dulu dengan risiko yang terbilang kecil sehingga tidak terlalu besar penyesalannya jika rugi.

4. Jangan Pernah Kapok Ketika Rugi


Tak beda dengan bisnis yang biasa ditemukan, saat main saham juga pastinya ada untung dan ada rugi juga. Ketika Anda mengalami kerugian yang pahit, maka bersabar dan jangan panik sebab saham yang Anda beli tersebut memiliki kemungkinan naik lagi dalam waktu dekat.

Ketika Anda melihat saham yang rendah harganya, sangat dianjurkan untuk membelinya segera, dan cara itu dikenal sebagai average down.

Biasanya siasat yang satu ini menjadi strategi investasi yang bertahap, ketika harga saham yang ada di pasaran harganya menurun sedikit demi sedikit.

Bila menggunakan teknik yang satu ini, maka tak akan mengalami anjlok untuk nilai investasi Anda, dan malah ikut dengan kondisi pasar yang sedang terjadi. Kemudian saat pasar pulih kembali, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

5. Hanya Investasi untuk Jangka Panjang


Usahakan untuk selalu membeli saham tiap kali Anda memiliki bujet berlebih, dan pastikan Anda membelinya sebagai investasi jangka panjang.

Misalnya untuk dua hingga lima tahun ke depan. Jangan sampai Anda mudah tergiur dengan harga yang sedang mengalami kenaikan ataupun yang sedang turun sekalipun, jelasnya kapitalnya besar.

Sebab kunci sukses dalam investasi jangka panjang adalah bersabar dan menunggu. Jangan mudah tergoda dan harus bulatkan tekadnya.

Itulah dia beberapa cara investasi saham untuk Anda yang masih sangat pemula, ikuti dengan telaten dan sabar maka Anda pun bisa segera merasakan manfaat investasi saham yang luar biasa.

Tertarik untuk mulai investasi saham? Segera mulai mempelajari investasi sekarang dan semoga selalu sukses di masa yang akan datang, ya!