3 Manfaat USG 4D Bagi Ibu Hamil

3 Manfaat USG 4D Bagi Ibu Hamil

Kehamilan menjadi moment spesial yang dialami para ibu. Terutama bagi ibu yang sangat menginginkan kehadiran buah hati. Itulah kenapa ibu dan ayah punya keinginan untuk melihat seperti apa bentuk calon bayinya nanti.

Rasa penasaran ibu dan ayah bisa terobati dengan melakukan USG 4D. Melalui USG 4D ini, bentuk janin dalam rahim ibu bisa terlihat dengan jelas. Seperti apa sih USG 4D ini. Berikut ini penjelasannya.

Mengenal Ultrasonography atau USG


USG atau ultrasonography adalah prosedur medis yang dianjurkan untuk dilakukan ibu hamil guna mengetahui keadaan janin di dalam rahim sang ibu.

Prosedur medis ini dilakukan pertama kali pada usia kandungan 4 sampai 6 minggu. Selama masa tersebut, kantung kehamilan sudah terlihat. Namun bentuk, ukuran serta detak jantung bayi masih belum terlihat dengan jelas.

Baru di usia kandungan 7 minggu, detak jantung bayi dan ukuran janin dapat terlihat oleh gelombang ultrasonography. Itulah sebabnya, USG pada ibu hamil biasanya dilakukan dokter pada usia kandungan ibu hamil 7 minggu ke atas.

Macam-macam USG


USG dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 4 kali selama kehamilan, yaitu satu kali dilakukan pada trimester pertama, dilanjutkan sebanyak satu kali pada trimester kedua dan dua kali dilakukan pada trimester ketiga. 

Namun jumlah ini bisa berubah tergantung pada kondisi janin yang dikandung ibu hamil. Dengan begitu USG yang dilakukan pun menyesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

USG yang dilakukan pada prosedur medis ada 3 macam, yaitu USG 2D, USG 3D dan USG 4D.

1. USG 2D


USG 2D adalah USG yang dilakukan dokter pada ibu hamil untuk mengetahui keadaan kehamilan. 

Biasanya dilakukan pada trimester pertama untuk mengetahui ukuran janin, banyaknya air ketuban dan kelainan yang mungkin terjadi pada janin. Hasil USG berupa foto hitam putih.

2. USG 3D


USG 3D adalah USG yang dilakukan ketika muncul indikasi adanya kelainan pada janin. Hasilnya berupa gambar diam yang lebih detail. Bahkan bisa menembus ke bagian organ dalam janin.

Kelainan pada janin dapat terlihat, sehingga dokter bisa segera melakukan penanganan. Biasanya dilakukan pada trimester kedua.

3. USG 4D


USG 4D adalah prosedur USG yang lebih canggih. Pada USG ini wujud janin dapat terlihat jelas karena diperlihatkan dalam bentuk video atau gambar bergerak. Ibu juga bisa melihat rupa janin sebelum dilahirkan.

Prosedur Pemeriksaan USG 4D


Prosedur Pemeriksaan USG 4D

USG 4D biasanya dilakukan jika terjadi kelainan yang sangat serius pada janin, sehingga diperlukan USG untuk melihat kelainan serius yang dimaksud agar dapat segera ditangani.

Namun saat ini banyak juga ibu-ibu yang ingin melakukan USG 4D meskipun tidak ditemukan kelainan pada janin yang dikandungnya.

Tujuannya untuk melihat wujud bayi yang dikandungnya sebelum dilahirkan. USG 4D biasanya dilakukan pada trimester ketiga.

Prosedur yang dilakukan cukup mudah. Dokter tinggal mengoleskan gel khusus yang berfungsi untuk menghantarkan gelombang suara di atas perut ibu hamil.

Setelah gel khusus diratakan ke beberapa bagian perut ibu hamil, dokter akan memindainya menggunakan alat transduser yang digerakkan secara memutar di atas perut ibu hamil. 

Transduser ini akan merekam semua aktivitas janin di dalam rahim ibu.

Manfaat USG 4D


USG 4D memiliki manfaat yang berguna sekali bagi ibu hamil dan juga janin dalam rahim ibu, yaitu :

1. Menyajikan Gambar Bergerak Seperti Video


Suatu kegembiraan tersendiri bagi ibu hamil ketika melihat wujud nyata bayinya sebelum dilahirkan. USG 4D menyajikan gambar nyata berupa video bergerak.

Ekspresi bayi pun bisa terlihat jelas dan akurat, seperti ketika bayi tersenyum, menguap, bahkan menendang.

Dokter juga bisa melihat kelainan yang terjadi pada janin dengan jelas, karena semua aktivitas janin dalam rahim terekam jelas. Ibu hamil seolah menonton film karena video bergerak yang ditampilkan nampak begitu nyata.

2. Memudahkan Dokter Mendeteksi Kelainan pada Janin


Tujuan utama dari USG 4D ini memang untuk mendeteksi adanya kelainan pada janin yang tidak terlihat pada USG 2 atau USSG 3. Kelainan dapat ditemukan dengan jelas dan cepat pada USG 4D ini, sehingga dokter dapat segera melakukan tindakan penyelamatan janin.

3. Prosedur Medis untuk Memastikan Diagnosis


USG 4D juga bermanfaat untuk memastikan diagnosis yang diberikan kepada ibu hamil tepat sesuai dengan jenis kelainan yang ditemukan. Misal pengambilan sampel air ketuban, pemeriksaan darah dan kromosom dan prosedur medis lainnya yang disesuaikan dengan penemuan kelainan.

Diagnosis yang keliru akan membahayakan janin dan ibu hamil. Sehingga perlu kepastian kelainan apa yang dialami oleh janin di dalam rahim ibu. Dengan begitu, keselamatan janin dan ibu hamil dapat dijaga lebih maksimal.

USG 4D Murah di Surabaya


Warga Surabaya patut bergembira nih karena pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG 4D ada di Surabaya. USG murah di Surabaya ada di Klinik Kehamilan Sehat yang terletak di Ngagel Surabaya.

Klinik Kehamilan Sehat adalah klinik kehamilan yang membantu para ibu hamil untuk tetap sehat selama kehamilan berlangsung. Dokter dan bidan yang bertugas di Klinik Kehamilan Sehat sudah tersertifikasi SIP dan professional di bidangnya.

Selain pemeriksaan kehamilan, Klinik Kehamilan Sehat juga memiliki program hamil yang aman dan nyaman, senam hamil dengan instrukstur yang professional serta USG pada janin. Baik USG 2D, 3D sampai USG 4D murah di Surabaya.

Ibu hamil yang ingin melakukan USG 4D murah di Surabaya dapat langsung datang ke klinik Kehamilan Sehat pada usia kandungan memasuki trimester ketiga. Layanan USG 4D muah di Surabaya lebih dari sekadar melihat pergerakan bayi secara live, namun juga bisa mengecek apakah ada kelainan pada janin yang dikandung ibu hamil.

Ibu hamil yang melakukan USG 4D murah di Surabaya akan dilayani oleh dokter Obgyn yang tersertifikasi dan professional di bidangnya. Sehingga ibu hamil akan nyaman dan aman saat berkonsultasi dengan dokter di Klinik Kehamilan Sehat.

Ibu hamil mau melakukan USG 4D murah di Surabaya, langsung saja ke klinik Kehamilan Sehat. Cek USD 4D disini!